31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Taman Menara Kudus Akan Direvitalisasi, Begini Nasib Tukang Ojek Menara

BETANEWS.ID, KUDUS – Tahun ini Taman Menara Kudus akan direvitalisasi. Bahkan kebijakan merevitalisasi bekas alun-alun lama Kudus itu jadi prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus di anggaran perubahan tahun 2022.

Dengan direvitalisasinya Taman Menara Kudus, yang paling terkena dampaknya adalah ojek wisata Menara. Pasalnya, selama ini taman yang berada di depan masjid Padureksan itu dijadikan tempat mangkal ratusan tukang ojek wisata Menara.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, bahwa seharusnya tukang ojek memang tidak mangkal di Taman Menara. Sebab memang bukan peruntukannya.

-Advertisement-

Baca juga: Khawatir Kena Usir, Ojek Menara Kudus Tak Setuju Tempat Mangkalnya Akan Direvitalisasi

“Jadi nanti, selama proses dan sesudah direvitalisasi tukang ojek tidak boleh lagi mangkal di Taman Menara. Nanti kita carikan tempat lainnya untuk mereka,” ujar Hartopo kepada awak media beberapa hari yang lalu.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kudus itu nantinya berencana membuatkan kantong-kantong parkir untuk ojek wisata Menara, agar tidak semrawut. Namun, untuk lokasinya, pihaknya belum mengetahuinya secara pasti.

“Jumlah tukang ojek Menara ini kan banyak, ada ratusan orang. Jadi tetap harus disediakan tempat mangkal. Jika tidak, nanti semrawut. Rencananya nanti kita bikinkan kantong-kantong parkir untuk ojek Menara,” bebernya.

Hartopo mengaku, revitalisasi Taman Menara Kudus sangat diperlukan. Lokasinya yang berada di tengah kota sehingga harus dipercantik agar bisa jadi daya tarik bagi masyarakat dan wisatawan.

Apalagi, lanjutnya, taman tersebut berada tak jauh dari Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus yang setiap harinya banyak dikunjungi wisatawan dari lain daerah. Diharapkan, setelah direvitalisasi, perwujudan Taman Menara jadi lebih indah dan menarik bagi warga dan wisatawan.

Baca juga: Meski Hanya Kerjaan Sampingan, Tukang Ojek Menara Ini Bisa Raup Jutaan Sebulan

“Tentunya, revitalisasi itu tetap memperhatikan nilai histori yang ada. Serta disesuaikan dengan konsep Kawasan Menara Kudus,” imbuhnya.

Sebagai informasi, revitalisasi Taman Menara Kudus masuk prioritas dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Adapun anggaran yang digelontorkan untuk revitalisasi Taman Menara kurang lebih Rp 800 juta.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER