31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaOTOMOTIFPemkot Semarang Beli...

Pemkot Semarang Beli Bus Listrik Seharga Rp 5,1 Miliar

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membeli satu unit bus yang menggunakan bahan bakar listrik. Pembelian bus itu, untuk mewujudkan program Kota Ramah Lingkungan.

Rencananya, bus listrik itu akan digunakan wisatawan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Semarang.

Penyerahan bus yang diproduksi oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB) ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT MAB Kelik Irwantono kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang, Jumat (12/8/2022).

Direktur Utama PT MAB Kelik Irwantono menyerahkan kunci bus listrik secara simbolis kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang, Jumat (12/8/2022). Foto: Kartika Wulandari.
- Ads Banner -

Baca juga: Asyiknya Keliling Solo dengan Mobil Listrik Wisata yang Saat Ini Masih Gratis

Setelah melakukan serah terima secara simbolis, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau yang kerap disapa Hendi itu mengatakan, adanya bus listrik ini adalah untuk mewujudkan Semarang sebagai kota ramah lingkungan.

“Bahan bakar yang digunakan bus ini adalah energi listrik, sehingga diharapkan bisa mengurangi polusi udara dan menciptakan kebersihan lingkungan di Kota Semarang,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan kendaraan dengan bahan bakar yang ramah lingkungan ini, merupakan langkah awal Kota Semarang untuk mengurangi emisi karbon dan polusi udara.

Ia menyebut, untuk pemesanan bus listrik tersebut, Pemkot Semarang menggunakan dana APBD sebanyak Rp 5,1 miliar. Rinciannya, Rp 4,5 miliar untuk armada bus dan Rp 600 juta untuk unit chargernya.

Hendi pun berharap, dengan adanya bus listrik wisata ini, bisa membuat warga Semarang untuk menggunakan transportasu umum.

“Ya harapannya dengan kehadiran bus listrik ini, warga Semarang mulai menggunakan transportasi umum. Hal ini juga sudah dilakukan oleh ASN setiap hari Rabu dengan adanya progam hari bebas asap kendaraan,” bebernya.

Baca juga: Jateng Bakal Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

Sementara itu, Direktur Utama MAB Kelik Irwantono mengungkapkan, Semarang menjadi daerah pertama di Indonesia yang memesan bus listrik produksi MAB.

Pihaknya menjelaskan, bus listrik ini bertipe MD 12E NF yang bisa menempuh jarak 250 kilometer dalam sekali pengisian daya. Sedangkan untuk baterainya bertipe LifePO Water Cooled, dengan kapasitas 315,85 KWh, 519 Ah.

“Untuk kapasitas penumpang bisa menampung 45 orang, dengan torsi di angka 680 Nm dan bisa melaju di kecepatan maksimal 100 kilometer per jam,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler