31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaBUDAYAKirab Buka Luwur...

Kirab Buka Luwur Sunan Kedu di Gribig Berlangsung Meriah

BETANEWS, KUDUS – Desa Gribig menggelar kirab peringatan Buka Luwur Sunan Kedu atau Syekh Abdul Bashir pada 13 Muharam atau Rabu (10/8/2022). Acara yang sempat vakum selama pandemi itu digelar begitu meriah dengan mengarak luwur dan hasil bumi warga setempat.

Plt Sekertaris Desa Gribig Muhammad Kamal menjelaskan, Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu berpusat di Lapangan Desa Gribig. Peserta kirab yang membawa gunungan kemudian berjalan sejauh 3 kilometer menuju Makam Sunan Kedu yang ada di Dukuh Krajan RT 3 RW 2.

Kirab Buka Luwur Sunan Kedu di Gribig berlangsung meriah. Foto: Sekarwati

“Yang diarak pertama luwur, terus nasi jangkrik, gunungan hasil pertanian, sembako, hasil kerajinan sandang, dan lain-lain,” katanya.

- Ads Banner -

Baca juga: Jejak Dakwah Sunan Kedu, Datang ke Kudus Naik Tampah Terbang

“Rutenya dari Lapangan Desa Gribig ke Utara, terus menuju Tugu Gribig ke Utara, sampai ke Puskesmas Gribig ke Barat, sampai Pamsimas terus ke Barat dikit, lalu ke Barat sampai ke makam,” imbuhnya.

Dalam kirab itu, pihaknya melibatkan 10 kontingan yang berasal dari Pemerintah Desa Gribig, perwakilan setiap RW, Muslimat, Ansor, Sekolah, dan Mahasiswa KKN dari Undip, Unissula, dan UMK.

“Setiap tahun sudah ada seperti ini sejak 2010, dua tahun pandemi berhenti dan baru berlanjut lagi sekarang dengan antusias warga dan sekolah semua ikut support,” terang Kamal.

Baca juga: 30.800 Nasi Jangkrik Dibagikan Pada Masyarakat saat Buka Luwur Sunan Kudus

Menurutnya, kirab tersebut sebagai bentuk melestarikan kebudayaan dan mengingat jasa Syekh Abdul Bashir sebagai cikal bakal kretek di Desa Gribig.

“Harapannya dengan adanya acara ini, masyarakat dapat mengenang jasa para leluhur kita, sebagai tokoh agam Islam, supaya Gribig bebas dari bencana dan musibah,” harapnya mengakhiri.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler