31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaSOLOKemenhub dan Pemkot...

Kemenhub dan Pemkot Solo Siap Rekayasa Lalu Lintas Terkait Proyek Pembangunan Rel Simpang Joglo

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan elevater railway (rel layang) di Simpang Joglo, Solo, Minggu (7/8/2022). Menhub juga didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Dirjen Perhubungan Darat, Kepala BPTD Wilayah X Jateng dan DIY serta Koordinator Terminal Tirtonadi.

Menhub ingin memastikan lalu lintas masyarakat tetap berjalan dengan lancar meski sedang ada pembangunan. Di ketahui, lokasi tersebut sejak dulu memang rawan dengan kemacetan.

Menhub menyebut, Simpang Joglo merupakan jalur lalu lintas kereta api yang sangat vital. Simpang yang satu ini juga merupakan jalur yang membuat Yogyakarta, Solo dan Semarang berkembang.

Menhub dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meninjau proyek pembangunan rel kereta api Simpang Joglo. Foto: Ist.
- Ads Banner -

Baca juga: Menhub Sebut Rel Layang Joglo Bisa Kurangi Kemacetan di Solo

“Untuk informasi, bahwa Simpang Joglo itu memang sangat vital bagi lalu lintas kereta api. Karena ini yang menghubungkan Solo, Semarang, Tegal, Purwokerto, dan Jogja. Jadi kita namakan Joglosemar. Dan ini favorit bagi warga Jawa Tengah dan ini juga yang bisa menumbuhkan Kota Solo, Semarang, Jogja karena warganya saling berkunjung, ” tutur Menhub.

Menhub menyebut, revitalisasi atau pembangunan Simpang Palang Joglo akan selesai pada April 2024 mendatang. Namun, pada saat proses pembangunan, memang akan sedikit mengganggu lalu lintas yang ada di sana.

“Apa yang kita lakukan di masa mendatang ini relatif intensif. Kami bersama-sama dengan Kementrian PUPR dan Pemda Kota Madya Solo akan bahu-membahu untuk menargetkan tahapan tahapan pembangunan. Di satu sisi kami ingin bahwa april 2024 sudah selesai tetapi di sisi lain pada saat pembangunan itu ada satu pembangunan yang sedikit mengganggu lalu lintas, ” kata dia.

Menteri Budi juga berpesan kepada petugas yang ada di lapangan untuk berkoodinasi dengan Kepolisian dan wali kota agar rekayasa lalu lintas tidak menimbulkan permasalahan.

“Kita tahu bahwa kegiatan di lintas simpang joglo ini vital banyak kegiatan ekonomi banyak kegiatan sosial di sekitar sini. November nanti ada kegiatan masjid maka dari itu harus dipikirkan rekayasa secara koordinatif sehingga tidak menimbulkan masalah pada saat itu, ” lanjut Menhub.

Sementara Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, akan mempertajam time line pembangunan Simpang Joglo. Gibran juga mengatakan, bahwa akan ada beberapa kemacetan baru di Solo yang diakibatkan karena pengalihan arus pembangunan simpang joglo yang akan dimulai.

Baca juga: Rampung Dua Bulan Lebih Cepat, Mulai Hari Ini Flyover Purwosari Solo Sudah Bisa Digunakan

“Ini tadi kita sudah mempertajam timeline karna ini adalah kerja sama dari Kemenhub, PUPR Provinsi, dan Pemkot Solo. Nanti ke depan akan ada beberapa titik-titik kemacetan baru karna nanti pekerjaan-pekerjaan akan sudah dimulai dan ini akan segera kami sosialisasikan ke warga untuk rekayasa lalulintas nya dan lain lain,” ujar Gibran.

Lebih lanjut, Gibran berpesan kepada masyarakat agar bersabar selama Simpang Joglo masih dalam masa pembangunan. Menurutnya pemerintah akan segera menyelesaikan sesuai dengan deadline waktu yang telah ditetapkan agar masyarakat tidak merasakan kemacetan seperti yang terjadi saat ini.

“Intinya saya mohon warga Solo dan sekitarnya untuk bersabar dulu, ini nanti kita akan kejar dan harapannya agar selesai sesuai deadline yang sudah ditetapkan dan Insya Allah kemacetan yang seperti sekarang sudah tidak ada lagi,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler