31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Melihat Keceriaan Pertandingan Sepak Bola pada Ajang Pesonas 2022

BETANEWS.ID, SEMARANG – Keterbatasan fisik dan mental tidak menghalangi seseorang untuk beraktivitas, termasuk pula dalam berolahraga. Contohnya diperlihatkan oleh atlet tunagrahita yang tergabung dalam tim putra dari Provinsi Kalimantan dan DKI Jakarta.

Para atlet dengan keterbelakangan mental itu terbukti mampu menunjukkan kemampuannya bersepak bola dalam ajang Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 yang digelar di lapangan Holly Stadium Komplek Grand Marina, Semarang, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Atlet Lompat Jauh Putri Jateng Raih Medali Emas Pesonas

-Advertisement-

Ketua PIC Kegiatan PeSonas Pertama Budi Irianto mengungkapkan, dalam pertandingan sepak bola untuk atlet tunagrahitna di ajang Pesonas ini, ada perbedaan teknik yang diterapkan. Hal itu berbeda dengan pertandingan sepak bola pada umumnya.

“Perbedaan yaitu, pertama kita klasifikasikan dulu dari segi IQ. Kemudian setelah diklasifikasikan, masing -masing atlet dibagi menjadi beberapa divisi,” ujarnya.

Untuk sepak bola putri, lanjut Budi, dibagi menjadi 2 divisi dengan masing-masing grup dibagi menjadi 3 tim, karena pesertanya ada 6 tim dari 6 provinsi.

Lalu untuk sepak bola putra, karena berjumlah 7 provinsi, jadi dibagi menjadi 2 grup, masing-masing grup berisi 3 tim dan 4 tim.

Tak hanya membagi divisi, dalam pertandingan, para atlet menggunakan lapangan yang lebih kecil. “Perbedaan selanjutnya dari ukuran lapangan, kita menggunakan lapangan dengan ukuran kecil yaitu 40×60 sedangkan kalau normal ukuran 65×105,” katanya.

Tak hanya ukuran lapangan, Budi melanjutkan, dari segi waktu permainan pun juga berbeda. Untuk sepak bola putra diberi waktu 2×20 sedangkan putri 2×15 untuk ajang Pesonas ini.

Baca juga: 1.724 Atlet Penyandang Disabilitas Ikuti Ajang Pesonas 2022

“Untuk pergantian pemain kita bebaskan, setiap saat bisa. Kemudian untuk waktunya juga beda, kalau putra 2×20 sedangkan putri 2×15,” ucapnya.

Budi pun menambahkan, bahwa pertandingan sepak bola pada ajang Pesonas ini sudah digelar sejak Senin (04/07/22) lalu dan berakhir hari ini, Rabu (06/07/22).

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER