31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaUMKMMelihat Geliat Usaha...

Melihat Geliat Usaha Ronce Bunga Melati di Muntilan, Kewalahan saat Musim Manten

BETANEWS.ID, MAGELANG – Beberapa orang perempuan tampak sedang duduk di lantai dengan jarum dan benang di tangan. Sedangkan di meja kecil di hadapan mereka, ada bunga melati. Beberapa di antara mereka terlihat sedang merangkai bunga melati tersebut atau biasa disebut meronce.

Dengan telaten, mereka merangkai satu per satu bunga melati menjadi hiasan yang akan digunakan untuk aksesoris penganten. Satu di antara orang itu adalah Yuliana Beby Kurniawati, perajin ronce melati asal Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Magelang, yang sudah tekuni usaha tersebut sejak belasan tahun lalu.

Baca juga: Bunga Dekorasi Rumah dan Pengantin dari Giant Flower Ini Tembus Pasar Hong Kong

- Ads Banner -

Beby menjelaskan, kalau saat musim pengantin, ia bisa kewalahan untuk memenuhi pesanan. Apalagi, bahan baku yang sulit untuk didapatkan.

Untuk mendapatkan bahan baku berupa bunga melati, ia biasanya mengambil dari luar daerah.

“Bahan baku bunga melati dari Pekalongan. Kalau musim hujan banyak bunga melati yang busuk. Itu kesulitan yang harus kita hadapi,” ujar Beby.

Ia pun menjelaskan ada beberapa jenis ronce bunga melati, di antaranya, Siger, Solo Putri, Muslim, Face Ageng dan Anisa Pohan.

“Biasa ronce ini digunakan pernikahan. Pengantin memakai ronce bunga melati biasanya disanggul atau untuk kalung,” jelasnya.

Selain untuk pengantin, ronce bunga melati biasanya juga digunakan untuk acara peresmian, seperti peresmian gedung atau peresmian lainnya.

Baca juga: Kerajinan Limbah Plastik Seruni Handmade Tembus Pasar Dunia

Untuk meronce, katanya, alat yang digunakan cukup simple. Selain bunga melati tentunya, alat yang digunakan cukup dengan jarum, benang, gunting dan daun. Sementara untuk meronce bukan hanya bunga melati yang bisa digunakan.

“Untuk bunga selain melati, bisa juga bunga mawar, kenanga dan bunga kantil,”pungkasnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler