31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaWISATABorobudur Edupark, Wisata...

Borobudur Edupark, Wisata Sambil Belajar Sejarah Candi

BETANEWS.ID, MAGELANG – Diresmikan awal Tahun 2022 oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Borobudur Edupark menjadi alternatif wisata di Kabupaten Magelang. Borobudur Edupark berdiri di lahan seluas lebih dari 2 hektare ini, berisi beraneka ragam sejarah dan wisata edukasi lainnya.

Salah satu pengelola Borobudur Edupark Sri Sari Ningsih menjelaskan, Borobudur Edupark merupakan wahana wisata untuk edukasi, terutama untuk para pelajar.

“Kita targetnya adalah kunjungan sekolah. Borobudur Edupark bekerja sama dengan Taman Wisata Candi (TWC), karena sekarang untuk Candi Borobudur tidak bisa naik ke atas, jadi di sini ada edukasi tentang Candi Borobudur,” ujar Sri Sari Ningsih.

Wisata edukasi Borobudur Edupark. Foto: Budi Prasetyo.
- Ads Banner -

Baca juga: Borobudur Edupark, Tempat Wisata Baru yang Bisa Eksplore Misteri Borobudur

Ia menjelaskan, di Borobudur Edupark terdiri dari beberapa ruangan yang bisa menjadi edukasi bagi para wisatawan, terutama para pelajar. Salah satunya adalah ruang ruang maestro yang berisi patung-patung karya Nyoman Mustafa.

“Borobudur Edupark yang mempunyai wahana adalah Bapak Nyoman Alim Mustafa dan bekerja sama dengan Taman Wisata Candi. Di ruang maestro itu tentang karya-karya Bapak Nyoman Mustafa. Ada beberapa karya yang dari tembaga, ada yang dari perunggu dan ada juga yang dari batu,” jelas Sri.

Selain itu, tempat wisata edukasi ini menyajikan berbagai prasasti peninggalan tempo dulu dan pernak-pernik terkait Candi Borobudur. Borobudur Edupark juga bisa menjadi tempat edukasi bagi yang ingin mengetahui detail dan misteri-misteri tentang relief maupun patung di Candi Borobudur.

“Banyak replika-replika bersejarah Indonesia di Borobudur Edupark. Di antaranya, replika patung Garuda Wisnu Kencana yang sama seperti di Bali,” jelasnya.

Selain itu, Borobudur Edupark juga menyajikan replika patung-patung para pahlawan Indonesia. Di antaranya ada patung Presiden Indonesia pertama, Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

“Ada juga patung Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, Piere Tendean, terus S Parman, MT Haryono dan Pangeran Diponegoro,” jelasnya.

Di Borobudur Edupark juga ada miniatur candi-candi tersohor, seperti candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Borobudur. Ketiga miniatur disusun menyerupai aslinya.

Baca juga: Destinasi Wisata di Kawasan Borobudur Mulai Bergeliat Setelah ‘Mati Suri’

“Kalau dilihat dari peta, ditarik garis lurus, dari atas kelihatan lurus menyambung candinya. Ini seperti perjalanan Waisak, dari Candi Mendut upacaranya, kemudian ke Candi Pawon. Pawon itu pembakarannya, melebur dosa dan jalan ke Candi Borobudur itu menjalani tata kehidupan yang baru,” jelas penjaga Borobudur Edupark itu.

Di Borobudur Edupark juga terdapat patung-patung lain seperti patung wayang, patung binatang, patung Budha dan lainnya. Untuk datang ke Borobudur Edupark tak perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Untuk dewasa hanya Rp 25 ribu, sementara anak-anak Rp 15 ribu. Untuk jam berkunjung mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler