31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

39 Warga Kecamatan Demak Dapat Bantuan RTLH Senilai Rp15 Juta

BETANEWS.ID, DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah menyerahkan Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (BP-RTLH) kepada 39 warga Kecamatan Demak di Balai Desa Tempuran, Jumat (1/7/2022). Mereka berasal dari sembilan desa, yaitu Betokan, Bintoro, Bolo, Cabaean, Karangmlati, Katonsari, Kedondong, Mulyorejo, dan Tempuran.

Eisti’anah menyampaikan, bantuan perbaikan RTLH merupakan salah satu kegiatan penanganan kemiskinan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal.

“Melalui perbaikan atau rehabilitasi kondisi rumah tidah layak huni ini, Insyaallah masyarakat nantinya akan memiliki rumah layak huni sesuai dengan standar keselamatan dan ketahanan bangunan,” kata Bupati.

Baca juga: 87 Warga Bonang dan Wedung Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemkab Demak

“Ini sangat penting mengingat rumah sebagai tempat tinggal, tidak sebatas sebagai tempat berteduh semata, tetapi juga sebagai media interaksi sosial keluarga,” imbuhnya.

Eisti berharap, dengan bantuan ini dapat meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, serta dapat menjadi referensi bagi pemerintah guna mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Demak.

Dirinya juga meminta kepada Camat, Kepala Desa serta Forkopimcam untuk menggerakkan masyarakat agar bergotong-royong membantu pembangunannya.

“Pantau dan kawal pelaksanaan program bantuan RTLH ini mulai dari pencairan hingga pelaksanaan rehab. Segera laporkan apabila di lapangan nantinya ditemui kendala,” tutupnya.

Baca juga: 25 Tahun Selalu Kena Rob, Rumah Mbah Samroh Kini Sudah Aman Berkat Bantuan Ganjar

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinperkim) Demak Akhmad Sugiharto menambahkan, pencairan BP-RTLH Rekom 1 tahap 1 sebanyak 442 unit yang tersebar di 12 Kecamatan. Masing-masing penerima manfaat mendapat Rp15 Juta dengan rincian Rp13 Juta untuk material, Rp1,6 Juta untuk upah tenaga kerja dan Rp400.000 untuk administrasi.

Salah satu penerima bantuan RTLH dari Bintoro, Tanti Ningsih (38) mengaku senang dan bahagia mendapat bantuan ini.

Alhamdulillah dapat bantuan. Sejak dulu ditunggu-tunggu dan baru sekarang diberikan. Semoga bisa ada program seperti ini lagi. Semoga dananya juga bisa ditambah untuk masyarakat yang kurang mampu,” harapnya mengakhiri.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER