31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSSering Bolos Rapat,...

Sering Bolos Rapat, 4 Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus Dilaporkan ke Badan Kehormatan

BETANEWS.ID, KUDUS – Empat anggota Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus diadukan ke Badan Kehormatan DPRD Kudus karena sering mangkir rapat. Mereka dilaporkan oleh sesama kader partai, yakni Muhammad Asnawi.

“Pengaduan empat anggota DPRD Kudus itu karena tidak menghadiri rapat selama enam kali berturut-turut selama 2021. Bagaimana bisa menyampaikan aspirasi rakyat jika mangkir terus dari rapat yang diadakan DPRD Kudus yang jadi tugas dan kewajibannya?” ujar Asnawi kepada awak media, Selasa (21/6/2022).

Asnawi menegaskan, mereka telah melanggar Pasal 193 ayat (2) huruf d Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah juncto Pasal 134 ayat (3) huruf d Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD Kudus.

- Ads Banner -

“Bunyinya, anggota DPRD diberhentikan antarwaktu antara lain, jika tidak menghadiri rapat paripurna dan/atau rapat alat kelengkapan DPRD yang menjadi tugas dan kewajibannya sebanyak enam kali berturut-turut tanpa alasan yang sah. Jadi, jika terbukti sanksinya yang kami harapkan adalah PAW,” jelasnya.

Baca juga: Anggota DPRD Kudus Sebut Data Soal PMK yang Disampaikan Dispertan Tak Sesuai dengan Temuan di Lapangan

Dia mengaku telah memiliki bukti kuat ketidakhadiran empat kader Gerindra tersebut. Nantinya, bukti itu akan diserahkannya ke Badan Kehormatan DPRD Kudus.

“Surat aduan resmi telah kami ajukan ke Badan Kehormatan DPRD Kudus. Tepatnya pada hari Jumat (17/6/2022),” beber dia.

Hal itu, kata dia, diperkuat dalam ketentuan Pasal 140 ayat (1) Peraturan DPRd Nomor 1 tahun 2018. Antara lain mengatur bahwa Pemberhentian antarwaktu Anggota DPRD sebagaimana dimaksud dalam pasal 134 ayat (3) huruf d, dilakukan setelah adanya hasil penyelidikan dan verifikasi yang dituangkan dalam keputusan Badan Kehormatan DPRD atas pengaduan dari Pimpinan DPRD, Masyarakat, atau pemilih.

“Sesuai ketentuan di atas jadi pengaduan kami terhadap empat anggota DPRD Kudus dari Partai Gerindra adalah legal, sebab kami juga adalah pemilih sekaligus masyarakat,” beber dia.

Disinggung siapa empat Anggota DPRD Kudus dari Partai Gerindra yang diadukannya ke Badan Kehormatan, Asnawi tak mau menjawab. Menurutnya, yang memberkan nanti adalah Badan Kehormatan DPRD Kudus.

Baca juga: Anggota DPRD Kudus Sebut Data Soal PMK yang Disampaikan Dispertan Tak Sesuai dengan Temuan di Lapangan

“Maaf saya tidak bisa menyebut nama. Biar nanti yang menjawab pihak Badan Kehormatan DPRD Kudus,” jelasnya.

Dia pun mendesak, pengaduannya itu segera ditanggapi oleh Badan Kehormatan DPRD Kudus. Sebab, hal itu menyangkut tentang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kudus.

“Kami akan kawal terus aduan kami. Sampai empat anggota itu dilakukan Pergantian Antarwaktu (PAW),” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Kehormatan DPRD Kudus yakni Peter M Faruq membenarkan pengaduan tersebut.

“Benar ada anggota DPRD yang diadukan. Kami menerima laporannya kemarin, Senin (20/6/2022). Untuk namanya kami belum bisa sampaikan saat ini,” ujar Peter.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler