31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKISAHSejak SD Sudah...

Sejak SD Sudah Tertarik Berwirausaha, Mahasiswi Asal Kudus Ini Sukses Kembangkan Bisnis Ayam Bakar

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sibuk memanggang daging ayam yang sudah dilumuri kecap. Beberapa saat, perempuan itu kemudian mengangkat daging ayam tersebut setelah dirasa sudah matang. Setelah itu, ia pun kemudian menyiapkan ayam bakar tersebut untuk pelanggan yang sudah memesannya.

Perempuan bernama Tsania Nailil Muna (22) itu merupakan Owner Ayam Bakar Pak ‘D’ Express Cabang Kudus. Usaha kuliner tersebut, merupakan bisnis waralaba yang berpusat di Surabaya.

Tsania pun menceritakan, meski masih menempuh Pendidikan di perguruan tinggi, tapi ia juga terjun di bisnis kuliner. Menurutnya, sejak masih sekolah dasar (SD) ia sudah belajar berjualan. Ketika itu, ia menjual buku binder kepada teman-teman sekolahnya, dan hasilnya juga lumayan.

Tsania Nailil Muna. Foto: Kaerul Umam.
- Ads Banner -

Baca juga : Mencicipi Ayam Bakar Pak ‘D’ Express dengan 4 Jenis Sambal Khas yang Menggoda Selera

“Memang sejak SD saya sudah berjualan buku binder, yang waktu itu memang masanya dan banyak peminatnya. Hasil yang terkumpul lumayan banyak. Kemudian, saat merintis usaha ayam bakar ini juga dapat dukungan orang tua, karena sudah tau sejak dulu memang sudah pernah berjualan,” beber perempuan yang tinggal di Kelurahan Purwosari RT 5 RW 8, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu, Sabtu (14/5/2022).

Menurutnya, waktu SMA pun dirinya juga pernah merintis usaha kedai kopi yakni Kings Coffee yang berjalan selama 3 tahun. Lantaran tidak ada yang mengurus kedai tersebut sekarang sudah tutup. Waktu itu, dirinya menginjak kuliah dengan banyak tugas yang harus diselesaikan.

Lanjutnya, ketika kuliah dan saat libur semester, ia pun mencari pengalaman di beberapa perusahaan di Kabupaten Demak.

“Di waktu luang seperti libur semester kuliah, saya bekerja di beberapa perusahaan. Ya guna untuk mencari pengalaman, sistem kerja di pabrik itu seperti apa dan kini banyak pengalaman yang saya dapatkan untuk saya terapkan sewaktu saya membuka usaha sendiri,” jelasnya.

Kemudian, sejak November 2021, di saat perkuliahan dilakukan secara daring, dirinya mencoba mencari referensi usaha yang cocok dengan dirinya. Akhirnya saat ia melihat media sosial tentang bisnis ayam bakar di daerah Surabaya yang ramai pembeli, ia pun kemudian berminat menjadi mitra dengan usaha waralaba tersebut.

“Awalnya saya memang hobi kulineran dan kebetulan saya juga suka memasak. Setelah melihat di Instagram, kemudian saya berminat untuk bergabung bermitra dengan Ayam Bakar Pak ‘D’ Express. Dan Alhamdulillah banyak pembeli yang menyukainya,” ungkapnya.

Baca juga : Seafood Bu’e yang Rasanya Dijamin Bikin Nagih, Cek di Sini Lokasinya

Ia mengaku, bahwa usaha tersebut sebenarnya tidak sengaja, karena banyak waktu terbuang dengan kuliah daring. Kini usaha tersebut malah banyak pembeli, meski tempatnya di dalam gang. Menurutnya, dalam jangka kurang lebih tiga sampai empat bulan pertama, ia sudah bisa mengembalikan modal awal dan kini ia sudah bisa menikmati keuntungan dari usaha tersebut.

“Alhamdulillah ya mas, tiga sampai empat bulan awal modal sudah bisa kembali. Untuk rencana ke depannya semoga bisa membuka usaha ini di tempat yang strategis,” tuturnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler