31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSOLOBOYOLALIPPIH Embarkasi Solo...

PPIH Embarkasi Solo Bantah Calhaj Pati Gagal Berangkat Karena Paspor, Inilah Penyebabnya

BETANEWS.ID, BOYOLALI – Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin mengklarifikasi informasi bahwa calon haji asal Pati bernama Loso Muksan Sirah (54) tertunda keberangkatannya karena masalah visa.

Sebelumnya, warga Desa Rogomulyo, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati itu mengaku gagal berangkat karena masalah paspor yang fotonya tertukar. Namun, setelah ada klarifikasi dari PPIH Embarkasi Solo, yang fotonya tertukar adalah visa.

“Jadi visanya Pak Loso (calhaj asal Pati) itu ditempel foto jemaah lain, kesalahannya di situ. Dan prosesnya juga sudah dilakukan perbaikan ya, jadi bukan kesalahan di paspor, tapi kesalahan di visa, penempelan foto yang ada di visa,” jelas Sarip (9/6/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Kasihan, Satu Calhaj Pati Gagal Berangkat Karena Salah Foto Paspor

Ia menjelaskan, pengurusan visa berada di kedutaan negara dan bukan merupakan ranah kantor imigrasi. Ia menjelaskan, visa calhaj asal Pati itu saat ini telah diurus dan tengah dikirimkan dari Jakarta.

“Begitu kita mengetahui kesalahan itu, kita segera lakukan perbaikan, pembetulan sesuai dengan aslinya dan alhamdulillah kemarin sudah selesai dan ini masih proses ke Embarkasi Solo ini,” paparnya.

Sahrul juga memastikan bahwa saudara Loso akan segera diberangkatkan ke Tanah Suci. Namun tentunya juga melihat open seat atau ketersediaan kursi penerbangan yang ada.

“Dipastikan (Loso akan segera berangkat), ini kesalahan dokumen, jadi setelah dokumen diperbaiki disesuaikan dengan kebenarannya akan segera diberangkatkan,” paparnya.

Baca juga: Nyaris Batal Terbang, 13 Calhaj Asal Grobogan Akhirnya Bisa Tunaikan Haji

Sarip mengatakana bahwa Loso saat ini masih berada di Asrama Haji Donohudan menunggu dokumennya diselesaikan. Yang bersangkutan juga masih menerima hak yang sama dengan para calon jemaah haji lainnya.

“Pak Loso masih menunggu di sini dan masih menerima hak yang sama dengan para jemaah yang lain, menerima hak akomodasi dan konsumsi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sarip menyebut bahwa kesalahan dokumen tersebut hanya terjadi pada satu orang jemaah haji itu.

“Sementara ini tidak ada, hanya pak Loso aja,” tandas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler