31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPATIPemkab Pati Berkali-kali...

Pemkab Pati Berkali-kali Ajukan Normalisasi Sungai ke BBWS, tapi Belum Ada Kepastian

BETANEWS.ID, PATI – Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sudah berkali-kali mengajukan normalisasi beberapa sungai ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, tapi sampai sekarang belum ada respon.

“Normalisasi sungai kita usulkan terus. Pati kan ada sungai Silugonggo, ada gunung, dan lainnya. Tapi tetap keputusan untuk normalisasi itu ada di BBWS,” katanya saat meninjau banjir bandang di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Selasa (28/6/2022).

Kondisi rumah warga Desa Tunjungrejo, Margoyoso, Pati, yang diterjang banjir bandang, Senin (27/6/2022) sekitar pukul 22.30 WIB. Foto: Ist

Kendati belum ada lagi normalisasi sungai, Safin berharap masyarakat di Pati khususnya di hulu sungai agar tidak membuang sampah ke sungai. Itu untuk mengantisipasi agar tidak kembali terjadi banjir bandang maupun tanggul jebol.

- Ads Banner -

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Tunjungrejo Pati, Puluhan Rumah Rusak

“Jadi yang paling penting itu masyarakat sadar, jangan sampai membuang sampah di sungai,” tegasnya.

Menurut Safin, banjir bandang di Tunjungrejo itu disebabkan tanggul Sungai Sat jebol sepanjang 30 meter. Akibatnya, 26 rumah di desa tersebut mengalami kerusakan karena diterjang banjir.

“Beberapa hari ini memang setiap malam hujan deras. Tanggul memang perlu penguatan. Tapi untuk itu tanggung jawab BBWS. Tapi tetap kita bantu untuk menjaga tanggul agar tidak jebol lagi,” beber Safin.

Baca juga: Sering Terjadi Banjir, BPBD Pati Bakal Bentuk Desa Tangguh Bencana di Kecamatan Sukolilo

Selain itu, pihaknya juga telah menerjunkan dua alat berat untuk membersihkan lumpur bekas banjir bandang serta pembersihan sungai. Selain itu juga bambu yang dibuat bronjong untuk menambal sementara tanggul yang jebol.

“Semoga nanti malam tidak hujan dan bisa diperbaiki (tanggul). Alat untuk melakukan penanggalan sementara juga bisa berjalan terus,” harapnya mengakhiri.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler