31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Pembuat Alat Musik Islami Ini Kebanjiran Orderan Setelah Ikut Lapak Ganjar

BETANEWS.ID, BREBES – M Rizki Dani Pahlevi benar-benar merasakan manfaat Lapak Ganjar. Berkat dipromosikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di story akun Instagramnya itu, usaha warga Kaliwadas RT 01 RW 02 Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes tersebut langsung meroket.

Rizki menceritakan bahwa di desanya merupakan sentra industri kerajinan alat musik islami, seperti rebana, hadrah, marawis, sampai beduk. Namun, penjualannya mengalami penurunan drastis di saat pandemi Covid-19. Bahkan beberapa di antaranya gulung tikar.

Seorang pekerja sedang membuat rebana di tempat usaha Rizki. Foto: Ist

Dari kondisi itu, pengusaha yang tersisa terus melakukan upaya agar tetap survive, seperti Rizki yang ikut promosi melalui program Lapak Ganjar. Hasilnya sangat memuaskan. Produk alat musiknya lebih dikenal luas, dan mulai dibanjiri orderan.

Baca juga: Awalnya Iseng Ikut Lapak Ganjar, Kini Kerajinan Enceng Gondok Ini Siap Ikut Pameran di Jepang

“Waktu pandemi seperti jalan di tempat, bahkan ada yang gulung tikar. Jadi berbagai cara dilakukan. Ada yang berjualan online dan masuk-masuk ke toko. Kalau saya ikut Lapak Ganjar di tahun 2020 dan 2021. Alhamdulillah membantu saya dan teman-teman bisa dikenal secara nasional dan berimbas pada penjualan,” ujar Rizki,  Sabtu (11/6/2022).

Bukan hanya alat musik saja, berkat Lapak Ganjar tersebut permintaan beduk juga meningkat. Di bulan Ramadan lalu, Rizki mendapat 30 buah pesanan beduk dari berbagai kabupaten sekitar.

Alhamdulillah bikin 30 bedug dengan harga variasi. Alhamdulillah bedug habis semua. Permintaan dari konsumen sendiri paling banyak dari kabupaten sebelah, seperti Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan,” ungkapnya.

Terkait harga, ia menuturkan, untuk alat musik rebana kisaran Rp750 ribu sampai Rp1,5 juta. Sedangkan beduk Rp12 juta sampai Rp14 juta, tergantung ukuran dan motif. Semua alat musik yang diproduksinya itu bisa dilihat Instagram @danymusicbumiayu

“Untuk saat ini saya masih punya lima pengrajin, itu untuk proses produksinya,” tambahnya.

Baca juga: Sempat Redup Karena Pandemi, Kini Usaha Pizza Milik Dzulfanni Ramai Pembeli Berkat Lapak Ganjar

Menurut Rizki, Lapak Ganjar mampu merangkul UMKM baik dari Jawa Tengah maupun provinsi lain, sehingga bisa saling mengenal produk-produk UMKM.

“Lapak Ganjar itu bisa merangkul kaitannya dengan semua kegiatan kaitannya ekonomi  baik di Jateng dan daerah lain. Kita bisa melihat produksi di luar kabupaten Brebes,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER