31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaBISNISAwalnya Iseng Ikut...

Awalnya Iseng Ikut Lapak Ganjar, Kini Kerajinan Enceng Gondok Ini Siap Ikut Pameran di Jepang

BETANEWS.ID, SEMARANG – Lapak Ganjar kembali jadi jalan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Tengah untuk naik kelas. Cerita-cerita penjualan yang meroket itu jadi penyemangat pengusaha lain untuk ikut dipromosikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Story akun Instagramnya.

Salah satu yang berhasil itu adalah Bengok Craft, milik Firman Setyaji. UMKM yang khusus membuat kerajinan dari enceng gondok itu kini penjualannya meroket dan akan mengikuti pameran di Jepang.

Setelah di-repost itu, jelas dia, usahanya mulai kebanjiran order. Dua tahun terakhir saat lebaran juga ramai dapat pesanan parsel hantaran.

- Ads Banner -

Baca juga: Penjualan Menggila Berkat Lapak Ganjar, Owner Jamu Puspotajem Kini Hidupkan Pondok Baca

“Di-repost, alhamdulillah mulai muncul banyak pesanan. Dan dari Lapak Ganjar juga dua tahun ini rutin dipesanin parsel hantaran. Yang pertama 120-an buah dan tahun ini ada 250-an buah,” ungkapnya saat ditemui di tempat produksinya Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (14/5/2021).

Ditambahkan, Bengok Craft saat ini memproduksi berbagai kerajinan berbahan baku enceng gondok, Seperti parsel, sandal, fesyen (tas, topi, baju dan lainnya).

“Untuk tahun ini kita mulai ke arah global. Mei ini ada pameran di Jepang, dan ini juga dampak baik langsung maupun tidak langsung dari Lapak Ganjar,” tandasnya.

Baca juga: Penjualan Nila Krispi Meladak Usai Ikut Lapak Ganjar, Sri Kini Punya Omzet hingga Rp24 Juta Sebulan

Firman menjelaskan, usaha yang dirintis 2019 lalu itu banyak memberdayakan masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan. Selama ini, fokus penjualannya dilakukan melalui Instagram dan Whatsapp.

“Kalau keunggulan Instagram kita bisa menjangkau lebih luas dengan market nasional. Salah satunya ikut Lapak Ganjar, awalnya coba-coba dan alhamdulillah di-repost,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler