31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKOLOM KAMPUSApresiasi Mahasiswa Berprestasi,...

Apresiasi Mahasiswa Berprestasi, UMS Gelar Student Achievement Award

BETANEWS.ID, SOLO – Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meyelenggarakan kegiatan Student Achievement Award (SAA) 2022. Kegiatan tersebut sebagai bentuk penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi pada periode Mei hingga Juni 2022. Kegiatan tersebut digelar di Auditorium M Jazman UMS.

Rektor UMS Sofyan Anif mengatakan, kegiatan Student Achievement Award tersebut baru pertama kalinya digelar oleh UMS untuk memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Baca juga: UMS Mewisuda 1.371 Mahasiswa Secara Luring, 604 Mahasiswa Lulus Cumlaude

- Ads Banner -

“Secara nasional, UMS ada diurutan ke 14 dalam prestasi kemahasiswaan dan secara prestasi internasional ada 16,” ujarnya.

Ia katakana, jumlah prestasi mahasiswa UMS periode Agustus 2021 sampai dengan Juni 2022 sejumlah 245. Rinciannya 229 merupakan tingkat nasional dan 16 tingkat internasional. 89 prestasi di antaraya merupakan bidang akademik dan 156 lainnya merupakan prestasi noakademik.

Adapun prestasi pada bidang akademik, meliputi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), lomba bidang teknologi (Robot, Bridge competition, inovasi teknologi), LKTI dan lainnya. Sedangkan untuk prestasi bidang nonakademik, meliputi lomba bidang olah raga, seni, keislaman (MTQ), dan kewirausahaan.

Dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh mahasiswa UMS tersebut, Sofyan berharap pada 2029 mendatang, UMS mendapatkan akreditasi internasioal. Karena menurutnya, memang instrumen yang harus dipenuhi cukup banyak, salah satunya adalah prestasi yang dicapai oleh dosen maupun mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional.

“Saat ini kita sedang kejar akreditasi internasional untuk masing-masing prodi. Dengan prestasi mahasiswa internasional ini, pencapian data untuk mendukung akreditasi bisa terwujud,” katanya.

Baca juga: Pertama Kalinya, UMS Kukuhkan 4 Guru Besar Sekaligus

Lebih lanjut, Sofyan menyebut, bahwa UMS memiliki target pada 2025 mendatang dari sebanyak 61 program studi yang ada, segera mendapatkan akreditasi internasional. Ia mengungkapkan, bahwa dari 61 prodi yang ada, saat ini sudah 25 persen yang mendapatkan akreditasi internasional

“Kita sekarang baru 6 (prodi). Keperawatan, Farmasi, Teknik Sipil, Teknik Arsitek, Teknik Elektro dan Teknik Kimia,” terangnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler