31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUS26 Titik Ruas...

26 Titik Ruas Jalan di Kudus Dipantau CCTV, Ini Lokasinya

BETANEWS.ID, KUDUS – Dua orang di dalam salah satu ruangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus tampak sedang mengamati layar monitor yang terpasang di dinding. Di layar monitor terlihat para pengendara yang melintas di beberapa ruas jalan di Kabupaten Kudus.

Monitor-monitor tersebut terhubung langsung dengan Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di 26 titik ruas jalan di Kabupaten Kudus. Tujuan pemasangan CCTV tersebut adalah untuk memantau arus lalu lintas di Kota Kretek.

Petugas mengamati arus lalu lintas di Kudus melalui pantauan CCTV. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Dishub Kudus Evaluasi Siklus Lampu Lalin di Tiga Lokasi, Ada yang Durasinya Terlalu Lama

- Ads Banner -

“CCTV itu tujuannya untuk memantau arus lalu lintas di beberapa ruas jalan di Kudus. Total saat ini ada 26 titik yang dipasangi CCTV,” ujar Seksi Sarana Prasarana Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Nanang Ary, beberapa hari lalu.

Pria yang akrab disapa Nanang mengatakan, pemasangan CCTV dilakukan sejak tahun 2016. Awalnya hanya ada enam CCTV saja, tapi di tahun 2017 ada penambahan 20 unit CCTV.

“Pemasangannya memang bertahap. Pada tahun 2016 kami pasang di enam titik dan tahun berikutnya kita tambah 20 titik lagi, jadi genap 26 titik,” bebernya.

Nanang pun sudi mengungkapkan, 26 titik ruas jalan di Kudus yang dipasangi CCTV. Antara lain, Taman Wisata Colo, Simpang 3 Tugu Dawe (2 CCTV), Simpang 4 Tugu Gondosari.

Lalu ada Simpang 4 Panjang, Taman Wisata Bakalankrapyak, Simpang 5 Barongan, Taman Bojana, Simpang Tujuh Kudus, Simpang 4 Polres, Pasar Kliwon (2 CCTV), Simpang 4 Matahari, Simpang 4 DPRD, Serta Simpang 4 Menara.

Kemudian Simpang 4 Jember, Simpang 4 Jetak, Simpang 4 Kencing, Simpang 5 Tanjung, Simpang 3 Jati, Simpang 4 Sempalan, Simpang 4 Jepang, Simpang 4 Penthol, Simpang 3 Prima, Simpang 3 Ngembalrejo dan Simpang 4 Kerawang (2 CCTV).

“Semua CCTV itu masih aktif dan berfungsi. Ada yang statis memonitor satu arah saja, ada juga yang bisa diputar 360 derajat dari ruang pantau. Serta juga bisa dizoom in untuk memperjelas detail objek,” jelasnya.

Baca juga: PAD Dishub Kudus hingga Juni Capai Rp1,39 M, Terbesar dari Parkir Khusus

Sesuai fungsinya, kata dia, CCTV ini untuk memantau arus lalu lintas. Sehingga saat terjadi kemacetan di ruas jalan tertentu di Kudus dan terpantau CCTV, pihaknya biasanya menghubungi Dishub bagian lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

“Biasanya kami juga koordinasi dengan Satlantas Polres Kudus untuk segera mengurai kemacetan. Fungsi lainnya, saat terjadi kecelakaan kita bisa mengetahui kronologinya,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler