31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSOLOSatpol PP Solo...

Satpol PP Solo Akan Bawa Asbak Keliling Lokasi CFD

BETANEWS.ID, SOLO – Pelaksanaan uji coba pembukaan Car Free Day (CFD) di Solo yang digelar pada pekan lalu terus dilakukan evaluasi. Seperti halnya masih banyak dijumpai warga merokok sembarangan di tempat umum.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo Arif Darmawan ketika dijumpai di Balai Kota Solo, Kamis (19/5/2022).

Baca juga : Pemkot Solo Akan Tertibkan PKL yang Masih Bandel Jualan di Zona Larangan

- Ads Banner -

“Nanti kita akan terjunkan petugas. Kalau memang kita temukan, nanti akan kita minta untuk mematikan rokoknya. Kita akan bawa asbak nanti dan akan kita lakukan pembinaan,” jelas Arif.

Tak Cuma pengunjung, Arif juga mengungkapkan, bahwa pihaknanya juga menemukan para pedagang yang merokok sembarangan. Ia menegaskan bahwa khusus pedagang akan langsung diberikan berita acara pemeriksaan (BAP).

“Khusus pedagang nanti kalau ada yang merokok langsung kita berikan BAP. Nanti kalau memang dilakukan lagi ya akan kita cabut aja untuk izin mereka berdagang di CFD. Jadi jelas arahan Pak Wali, bahwa CFD tidak boleh ada kegiatan merokok,” tegasnya.

Ketika ditanya berapa jumlah temuan masyarakat yang merokok, Arif mengaku tidak tahu jumlah pastinya. Apalagi, yang menjad fokus pantauan pada uji coba CFD kemarin bukan khusus pemantauan pada perokok saja.

Baca juga : Pantau CFD, Gibran Soroti Sejumlah PKL yang Jualan Tak Sesuai Zonasi

“Kemarin kita lihat beberapa yang merokok ya itu ada. Kalau sanksi sosial sementara ini belum, kalau merokok kan jelas di Perda Tahun 2019 kan denda atau kurungan lah. Tapi nanti kalau masalah itu kita bisa edukasi saja,” terangnya.

Selain perokok, yang menjadi fokus pengawasan pada uji coba CFD kemarin adalah soal penggunaan masker. Meski ada toleransi bagi warga yang berolahraga, namun Arif mengatakan, bahwa pihaknya masih banyak menemukan warga yang lalai memakai masker saat nongkrong. Kendati demikian, pihaknya tetap membagikan masker bagi masyarakat yang tidak mengenakan.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler