31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSOLOMenteri Investasi Klaim...

Menteri Investasi Klaim Tesla dan Foxconn Akan Dirikan Pabrik di Batang Tahun Ini

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menyebut Jawa Tengah akan menjadi salah satu kawasan industri terbaik di Indonesia. Adapun salah satu lokasi kawasan industri tersebut berada di Kabulaten Batang.

“Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn, Tesla pun InsyaAllah masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain,” kata Bahlil saat menghadiri acara Road to G20 bertajuk Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif di Alila Hotel Solo, Rabu (18/5/2022).

Nantinya, perusahaan-perusahaan tersebut harus merangkul Sumber Daya Manusia dari dalam negeri, salah satunnya dengan cara kerja sama antara pihaknya dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk peningkatan SDM di Solo Technopark (STP).

- Ads Banner -

Baca juga: Ramah Investor Asing, Banyak Pengusaha Korea Selatan Terpikat Investasi di Jateng

“Kita akan bekerja sama dengan Pak Walikota Solo (Gibran) mengedepankan Solo Technopark. Ini kita akan melakukan kolaborasi agar investasi bisa berjalan baik, begitu juga pertumbuhan dan pemerataan bisa kita lakukan,” kata dia.

Bahlil menjelaskan, Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada BKPM dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest) agar merayu Tesla dan Foxconn masuk ke Indonesia.

“Saya ditugaskan merayu Foxconn, Pak Luhut merayu Tesla. Rayuan kita waktu itu Foxconn lolos. Yang Tesla masih tarik ulur. Tapi Alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Bapak Presiden, kemarin Tesla InsyaAllah akan masuk ke Indonesia,” beber Bahlil.

Kedua perusahaan tersebut, dikatakan Bahlil, merupakan dua investor besar. Yang pertama adalah fokus ekosistem baterai mobil, yang kedua mobil listrik.

Kendati demikian, Bahlil mengaku belum mengetahui kapan waktu pasti kedua perusahaan tersebut akan masuk ke Indonesia. Namun ia memastikan akan masuk di tahun 2022 ini. Ia juga mengaku belum mengetahui berapa nominal yang akan diinvestasikan, lantaran belum adanya tanda tangan kesepakatan.

Baca juga: Gerobak Inovasi Mahasiswa UNS Ini Dapat Modal Rp100 Juta dari Menteri Bahlil, Apa Istimewanya?

“Tapi ini barang bagus, barang gede, dan saya sudah merayu mereka kemarin dan Pak Menko Marinvest sudah memberikan info bahwa sebagian akan kita lakukan di Jateng yaitu di Batang,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik program investasi tersebut yang melibatkan pemerintah daerah. Apalagi, Solo Tecnhopark dilibatkan dalam pelatihan dalam membentuk SDM yang bagus.

“Kita senang sekali Solo Technopark dilibatkan. Meski pabrik-pabriknya bukan di Solo kita akan dilibatkan dalam pelatihan-pelatihan SDM. Nanti semuanya akan dilakukan di Solo Technopark,” kata Gibran.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler