31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSOLOGerobak Inovasi Mahasiswa...

Gerobak Inovasi Mahasiswa UNS Ini Dapat Modal Rp100 Juta dari Menteri Bahlil, Apa Istimewanya?

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menghadiri acara Investment Forum (G20) di Hotel Alila, Solo, Rabu (18/5/2022). Di kesempatan itu, Bahlil bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melakukan peninjauan di booth UMKM yang  berada di sebelah ruang forum.

Saat berkeliling, Bahlil menghampiri penyewaan gerobak untuk berjualan ciptaan Brizan Sena Bagaskara (29). Gerobak karya mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) itu menarik perhatian Bahlil karena dilengkapi dengan energi listrik alternatif yang menggunakan bahan bakar briket.

Di stand itu, Bahlil menanyakan soal modal awal yang Brizan keluarkan untuk membuat gerobak. Bahlil juga menanyakan jumlah gerobak yang disewakan sudah cukup atau masih perlu mau tambahan.

- Ads Banner -

Baca juga: Hebat! Mobil Balap Karya Mahasiswa UGM Ini Akan Berlaga di Belanda

“Perlu nambah lagi, Pak, karena untuk yang kita butuhkan saat ini perlu 10-15 gerobak lagi. Itu butuh modal paling sekitar Rp200 sampai Rp300 juta, karena ada yang  kita perlu kembangkan,” jawab Brizan.

Mendengar penjelasan Brizan itu, tanpa pikir panjang Bahlil langsung memberikan bantuan modal sebesar Rp100 juta. Ia menegaskan, bantuan itu bukan dari gajinya sebagai menteri, melainkan uang dari perusahaan yang sebelumnya ia pimpin.

“Oke, kamu masih mahasiswa kan? aku bantu kamu modal sampai Rp100 juta ya. Nanti bukan menteri yang bantu, perusahaan saya yang dulu yang bantu, kalau gaji menteri nggak cukup,” kata Bahlil.

Baca juga: Drone Pertanian Karya Lulusan Universitas Inggris Ini Bisa Pupuk 100 Hektare Sawah Sehari

Ketika  dijumpai oleh awak media, Brizan menjelaskan bahwa ia membuat usaha penyewaan gerobak itu guna membantu para pelaku usaha UMKM. Hingga saat ini, ia sudah mempunyai 10 gerobak yang disewakan di beberapa wilayah, seperti Sukoharjo, Pekalongan, Salatiga, dan Yogyakarta.

“Kalau sewa gerobak per hari kita Rp10-15 ribu, karena kita membantu UMKM, tidak memberikan beban biaya yang tinggi. Jadi setelah itu kontrak kan minimal 6 bulan untuk memilih penyewaan gerobaknya. Setelah 1,5 sampai 2 tahun, gerobak bisa diberikan kepada penyewa,” tandas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin  

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler