31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaBUDAYAMenilik Makna dan...

Menilik Makna dan Filosofi Sarung Batik Lar Gurda

BETANEWS.ID, SOLO – Brand Sarung Batik Lar Gurda sudah tidak asing di kalangan para santri. Khsusunya para santri yang belajar di pondok pesantren di Pulau Jawa.

Sarung tersebut diciptakan oleh seorang pengusaha muda dari Kota Solo yang bernama Irfan Nuruddin. Bahkan, dengan nama Lar Gurda, sarungnya itu bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Proses pembuatan Sarung Batik Lar Gurda. Foto: Khalim Mahfur.

Baca juga : Lebih Gaya dan Modis saat Lebaran dengan Sarung Batik Lar Gurda

- Ads Banner -

“Awalnya itu, Lar Gurda itu nama motif. Kan di Solo kan banyak mempunyai motif, ada Parang Wahyu Tumurun termasuk Lar Gurda. Jadi, waktu itu saya bikin sarung Lar Gurda dan motif itu laku, kemudian saya juga sering sebut, terus lama-lama saya jadikan merk, saya patenkan itu,” jelas pria yang juga merupakan Lurah Pondok Pesantren Al-Muayyad, Solo itu kepada Betanews.id, Senin (18/4/2022).

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Gus Irfan itu menjelaskan, bahwa Lar Gurda merupakan sebuah motif yang menggambarkan sayap burung garuda.

“Lar itu kan sayap, Gurda itu kan burung garuda. Kalau filosofinya ya tentang membela kebemaran, seorang Ksatria. Kan Indonesia banget waktu itu, Lar Gurda, sayap burung Garuda,” kata dia.

Kendati demikian, menurut Gus Irfan, ia hanya memodifikasi tersebut. Pada dasarnya, Lar Gurda adalah motif yang sudah ada sejak zaman dulu.

“Saya hanya memodidikasi. Rata-rata yang menjadikan ikonik itu motif ini (Lar Gurda). Waktu itu saya bikin hanya motif intinya saja, latarnya polos, terus sekarang saya modifikasi dengan kebakan sulur seperti itu,” ujarnya.

Baca juga : Berburu Sarung Batik Khas Pati yang Jadi Idaman saat Lebaran

Hingga saat ini, Gus Irfan mengaku sudah memiliki kurang lebih 400-an kombinasi dan modifikasi motif sarung batik.

“Tapi nggak semua saya kasih nama, saya sekedar menuangkan apa yang terlintas di pikiran saya, lalu saya bikinkan (menjadi motif batik) gitu,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler