31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Ikut Kelas Buat Keramik dengan Pottery.ku Bisa Jadi Pilihan Menarik saat Weekend

BETANEWS.ID, SOLO – Di hamparan rumput Taman Balekambang, tampak beberapa wanita sedang asyik membentuk tanah liat. Ada yang sedang membuat cangkir, mangkuk, dan beberapa bentuk lain. Bagi yang barang bikinannya sudah kering, mereka kemudian melanjutkan dengan mewarnainya. Mereka adalah peserta kelas membuat keramik yang diadakan oleh Pottery.ku.

Penggagas kelas Pottery.ku, Harnung Indah Permatasari (21) menjelaskan, di kelas pottery itu, para peserta akan diajari mulai dari dasar pembuatan keramik berbahan tanah liat putih dengan menggunakan alat-alat sederhana.

Kelas membuat keramik di Taman balekambang yang diselenggarakan oleh Pottery.ku. Foto: Khalim Mahfur

“Mereka dapat tanah liat yang khusus warna putih 750 gram, bisa membuat sekitar 2 sampai 3 item. Kemudian alat-alat yang yang dipergunakan seperti apron, alat ukir, spons, papan kita persiapkan,” kata wanita yang kerap disapa Harnung  itu, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: Awalnya Iseng Ikut Lapak Ganjar, Kini Kerajinan Enceng Gondok Ini Siap Ikut Pameran di Jepang

Selama kelas berlangsung, peserta dibebaskan untuk membuat bentuk keramik sesuai keinginan dan kreativitas masing masing. Setelah keramik terbentuk, mereka juga bebas mewarnainya sesuai keinginan hati.

“Karyanya kita bawa ke Bantul untuk dibakar, setelah satu minggu mereka dapat hasilnya. Jadi hasilnya itu bisa mereka gunakan untuk makan dan minum karena memakai cat dan glaser khusus,” ujar Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) jurusan Manajemen itu.

Untuk mengikuti kelas di Taman Balekambang, peserta harus merogoh kocek Rp190 ribu dan mengikuti latihan selama kurang lebih 3,5 jam. Kelas diadakan setiap Sabtu dan diadakan sebanyak dua sesi. Sesi pertama mulai dari pukul 08.30 hingga 12.00 WIB, dan sesi kedua mulai pukul 13.00  sampai dengan pukul 16.30 WIB.

Agar setiap bulannya memiliki nuansa yang berbeda, pada Juni mendatang, Harnung dan teman-temannya  berencana menggelar kelas pottery di Solo Paragonn Mall.

Baca juga: Kreatif, Jam Tangan dan Kaca Mata dari Limbah Papan Skateboard Ini Tembus Pasar Eropa

“Cara daftarnya cek aja di Instagram @pottery.ku. Kalau ada open kelas nanti kita akan update terus,” jelasnya .

Salah satu peserta, Nur Fadhila (20) mengaku senang dan menikmati saat mengikuti kelas membuat keramik itu. Bahkan warga Yogyakarta itu sampai rela ke Solo demi mengikuti kelas pottery ini.

 “Ini aku bikin dua gelas sama ini kaya cangkir tapi ini yang tinggi gitu pegangannya. Ini my first time (kali pertama) banget. Asyik sih seru, tapi susah, susah banget buat yang pertama kali. Susahnya soalnya itu kan gampang retak ya terus tebal tipisnya harus diatur,” ujar wanita yang kerap disapa Dila itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER