31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSejarahGandeng BPSMP Sangiran,...

Gandeng BPSMP Sangiran, Museum Patiayam Lakukan Kajian 5 Koleksi Fosil

BETANEWS.ID, KUDUS – Kegiatan rutin tahunan kajian koleksi Museum Patiayam kembali digelar. Dalam kegiatan tersebut, Museum Patiayam mendatangkan tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

Ditemui saat kegiatan kajian, Pamong Budaya Ahli Muda Permuseuman, Dodi Wiranto, mengatakan, kajian tersebut untuk menggali informasi dari temuan yang belum mempunyai data secara rinci. Kegiatan tersebut meliputi, kajian koleksi, inventarisasi dan yang terakhir konservasi.

Baca juga : Kajian Koleksi jadi Cara BPMSP Sangiran Tularkan Ilmu ke Museum Patiayam

- Ads Banner -

“Kegiatan kali ini ada 18 tim yang ikut, kegiatan ini dimulai dari tanggal 30 Mei sampai 4 Mei, total ada 3 kegiatan,” ujarnya.

Kemudian, untuk kajian koleksi kali ini, lajut Dodi, mengkaji 5 koleksi yang terdiri dari spesies bofide atau hewan mamalia seperti kerbau, banteng dan rusa. Kemudian ada sepesies gajah, buaya dan babi.

Dodi melanjutkan, kegiatan kajian koleksi ini memiliki tujuan untuk menggali informasi suatu koleksi. Sehingga nantinya ketika koleksi sudah didisplai, masyarakat bisa mengetahui informasi koleksi secara detail.

“Kajian koleksi sangat penting, karena sumber informasi koleksi sangat penting. Jadi kajian kita perkuat, agar kolesi yang kita suguhkan kepada pengunujung tidak mengalami penyimpangan atau kekurangan informasi,” ujarnya.

Baca juga : 63 Fosil Koleksi Museum Patiayam Berhasil Dikonservasi dan Identifikasi

Dodi menyampaikan, pihaknya juga berharap, masyarakat di sekitar Musueum Patiayam bersama-sama untuk menjaga dan melestarikan dengan selalu melaporkan ke pihak museum ketika menemukan temuan koleksi hewan purba.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler