31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaKUDUSDapat Kucuran Rp44,2...

Dapat Kucuran Rp44,2 M dari Dana Cukai, Disnaker Kudus Akan Perbanyak Pelatihan di BLK

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus mendapat jatah Rp44,2 miliar dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2022 senilai Rp177 miliar.

Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati merinci, Rp16,1 miliar dari dana tersebut akan digunakan untuk pelatihan di BLK Kudus dengan memberikan 85 jenis pelatihan. Sasarannya adalah pekerja rokok beserta keluarganya dan masyarakat umum dengan kriteria yang telah ditetapkan bupati.

“Pelatihannya lebih banyak daripada tahun kemarin yang hanya 31 pelatihan dan pesertanya juga tidak dibatasi hanya buruh rokok saja. Di tahun ini banyak jenis pelatihan, ada digital marketing, olahan frozen food, komputer, dan lainnya,” jelas Rini, Selasa (10/5/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: BLK Kudus Adakan 10 Jenis Pelatihan Kejuruan Selama Tahun 2022

Pihaknya juga akan menganggarkan Rp4,3 miliar untuk membangun tiga gedung baru di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kudus. Dana itu hanya untuk membuat bangunan saja, tidak termasuk perencanaan dan pengawasan.

“Harapannya dengan tambahan gedung, antrean panjang penyewa gedung KIHT bisa berkurang. Sebab sampai saat ini ada 17 antrean pengusaha rokok yang berniat menyewa gedung,” ungkap Rini.

Kemudian, lanjut Rini, dana cukai juga akan dimanfaatkan untuk pengadaan mesin pelinting rokok di KIHT. Nantinya, alat itu akan disewakan kepada perusahaan rokok, dengan harapan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca juga: Tahun Ini BLK Kudus Buka Kelas Menjahit, Tata Boga, dan Barista

Menurut Rini, sampai saat ini regulasi pemanfaatan DBHCHT masih menunggu regulasi dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2022.

“Sampai saat ini kami masih menunggu penetapan perubahan APBD. Jika sudah ditetapkan, kita bisa langsung jalan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler