31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSBerminat Sewa Kamar...

Berminat Sewa Kamar di Rusunawa Kudus? Ini Persyaratan dan Tarifnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Kamar di rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Kudus banyak yang kosong. Bahkan kamar yang kosong masing-masing Twin Block (TB) hampir separuh dari kamar yang ada. Bagi warga Kabupaten Kudus yang ingin menyewa, harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

Admin TB1 Firda Aulia (25) mengatakan, ada beberapa persyaratan tertentu saat ingin menyewa kamar di Rusunawa Kudus. Yang pertama adalah warga asli Kudus dan harus sudah berkeluarga.

Baca juga : Kamar Rusunawa Kudus Banyak yang Kosong, Warga yang Lagi Cari Tempat Tinggal Silakan Merapat

- Ads Banner -

“Hal itu dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Serta surat pernyataan belum memiliki rumah dari pihak desa,” ujar perempuan yang akrab disapa Firda kepada Betanews.id, Rabu (18/5/2022).

Dia menambahkan, persyaratan lain yakni menyertakan foto 4X6 sebanyak enam lembar untuk masing-masing istri dan suami. Jika janda atau duda harus menyertakan akta cerai. Calon penyewa juga harus menyertakan data pemohon dan kependudukan serta minta tanda tangan ke pihak desa mereka.

“Serta minta ke pihak desa asal calon penyewa surat pernyataan mempunyai pekerjaan tetap. Pekerjaan di sini ada dua, wirausaha dan karyawan,” jelasnya.

Pekerjaan wirausaha kata dia, contohnya berdagang. Bagi yang wirausaha harus menyertakan surat keterangan dari desa mereka. Sedangkan karyawan harus menyertakan slip gaji tempat mereka bekerja.

“Penghasilan penyewa kamar di Rusunawa ini juga ditentukan. Mereka yang diperbolehkan menyewa kamar Rusunawa yakni yang berpenghasilan maksimal Rp 2 juta per bulan. Penghasilan itu dihitung dari pendapatan sang suami dan istri,” jelasnya.

Dia menambahkan, harga sewa kamar Rusunawa bervariatif, tapi sama antara TB1 dan lainnya. Kamar dilantai satu yang khusus Lansia dan difabel harganya Rp 185 ribu perbulan. Kamar di lantai dua harganya Rp 165 per bulan.

Baca juga : Ruang Isolasi Hampir Penuh, Rusunawa Mulai Dijadikan Tempat Isolasi

Kamar di lantai tiga harganya Rp 145 ribu per bulan. Harga kamar di lantai empat lebih murah lagi, yakni Rp 130 ribu per bulan. Kamar yang di lantai lima makin murah lagi, hanya Rp 115 ribu per bulan.

“Harga tersebut hanya untuk sewa kamar saja. Belum terkait listrik, biaya air dan sampah,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler