31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Ada 8 Sapi Tertular PMK, Ternak Daerah Lain yang Ingin Dijual di Kudus Harus Penuhi Syarat Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus akan melakukan pengetatan jalur masuk ternak dari lain daerah. Hal ini dilakukan setelah ada temuan delapan sapi yang tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Ya, akan kami lakukan pengetatan terhadap ternak yang datang dari daerah luar Kudus. Segara, di beberapa pasar ternak di Kudus,” ujar Kabid Peternakan Dispertan Kudus Agus Setiawan kepada awak media, Selasa (24/5/2022).

Pria yang akrab disapa Agus itu menuturkan, pengetatan nantinya berupa pengecekan terhadap ternak dari lain daerah yang akan dijual di pasar ternak di Kudus. Ternak yang akan dijual harus disertai surat keterangan kesehatan hewan.

Baca juga: Sebabkan Kematian dan Belum Ditemukan Obatnya, Ini Ciri Ternak Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

“Jika ternak tidak disertai surat tersebut akan kita larang untuk dijual di Kudus. Ternak itu akan diminta untuk putar balik meninggalkan Kudus,” bebernya.

Dia mengatakan, langkah tersebut sebagai tindakan antisipasi dan pencegahan agar ternak yang terserang PMK di Kudus tidak semakin banyak. Sebab, penyakit PMK itu penularannya sangat cepat sekali.

“Apalagi PMK pada ternak itu disebabkan oleh virus yang belum ada obatnya. Sehingga langkah terbaik adalah pengetatan dan pencegahan,” imbuhnya.

Baca juga: Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Hartopo Minta Ternak Diberikan Antibiotik

Disinggung apakah akan dilakukan penutupan distribusi ternak dari lain daerah, Agus menjawab itu bukan kewenangannya. Namun, ia sudah diimbau oleh pimpinan agar membentuk tim untuk mengatasi dan mencegah penyebaran PMK pada ternak ini agar tak meluas.

“Menutup distribusi ternak dari lain daerah bukan kewenangan kami. Kami lebih ke arah bagaimana mengantisipasi dari sisi kesehatan hewan dan produksi,” pungkas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER