31 C
Kudus
Selasa, Juni 28, 2022
spot_img
BerandaKUDUSStatus Kepesertaan BPJS...

Status Kepesertaan BPJS Kesehatan Harus Aktif Saat Beli Tanah, Ini Cara Ngeceknya

BETANEWS.ID, KUDUS – Kartu BPJS Kesehatan menjadi syarat jual beli tanah mulai 1 Maret 2022. Namun, status keanggotaan ini harus aktif saat hendak mengurus pembelian tanah. Untuk mengeceknya, warga Kudus tak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan, karena dapat dilakukan lewat beberapa kanal online yang sudah disediakan.

Kepala BPJS Kesehatan Kudus, Agustian Fardianto mengatakan, saat ini untuk pengecekan kepersetaan tidak harus datang ke kantor BPJS kesehatan. warga Kudus bisa mengeceknya melalui laman https://linktr.ee/bpjskesehatankudus.

“Tujuannya tentu untuk mempermudah dalam pengecekan dan tentunya lebih efisien waktu. Karena tidak perlu repot-reoot datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar pria yang akrab disapa Ardi kepada Betanews.id, Selasa (1/3/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Bantu Urus Jual Beli Tanah, BPJS Kesehatan Kudus Tempatkan Petugas di Kantor BPN 

Selain itu, lanjut Ardi, warga juga bisa menghubungi call center 165 yang siaga 24 jam. Kemudian bisa mengecek melalui Chat Assistant JKN (Chika) dengan nomor 0811 8750 0400. Warga juga bisa menghubungi Pelayanan administrasi melalui WA (Pandawa) dengan nomor 0811 8165 165. Warga juga bisa mendownlood aplikasi Mobile JKN di playstore.

“Atau bisa juga melakukan pengecekan status kepesertaan melalui website di www.bpjs-kesehatan.go.id,” jelasnya.

Dia mengimbau, warga yang hendak membeli tanah hendaknya mengecek terlebih dahulu status kepesertaannya.

“Di kanal-kanal online yang disediakan itu. Selain untuk mengetahui kepesertaan juga bisa untuk daftar BPJS Kesehatan, bila belum mendaftar,” bebernya.

Bagi yang sudah mendaftar, kata dia, tapi status kepesertaan BPJS Kesehatannya  tidak aktif juga dapat direaktivasi di kanal tersebut. Menurutnya, hal itu sebagai inovasi kemudahan bagi masyarakat.

Baca juga: Begini Alur Pembuatan Kaki dan Tangan Palsu yang Ditanggung BPJS di RSUD Kudus

Diberitakan sebelumnya, Kartu BPJS Kesehatan menjadi syarat jual beli tanah. Hal ini tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Untuk membantu warga yang hendak mengurus jua beli tanah, BPJS Kesehatan Kudus telah menempatkan petugasnya di Kantor ATR/BPN Kudus, Jepara, dan Grobogan.

“Satu petugas BPJS Kesehatan kami tugaskan untuk membantu petugas ATR/BPN dalam rangka melakukan pengecekan kepesertaan dan status keaktifannya,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler