31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Kudus Masuk Level 2 PPKM, Bupati Masih Kaji Izin Pelaksanaan Dandangan

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo masih mengkaji izin kebijakan penyelenggaraan Dandangan. Beberapa waktu lalu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan (Disdag) Kudus mengenai hal tersebut.

“Dari Dnas Perdagangan rencananya akan memetakan lapak tiap pedagang, diberi jarak tiga meter tiap pedagang. Tapi terbatas hanya di lingkup Menara saja. Pedagang juga dibatasi, hanya pedagang dari Kudus saja,” kata Hartopo, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Soal Gelaran Tradisi Dandangan dan Takbir Keliling Tahun Ini, Begini Pernyataan Bupati Kudus

-Advertisement-

Kendati demikian, Hartopo masih merasa khawatir jika Dandangan kembali digelar dengan banyak pedagang yang berjualan. Khawatir saat tiba harinya, tim yang ditugaskan Pemkab Kudus tak mampu mengkondisikan keadaan. Sehingga terjadi kerumunan dan berdampak terhadap penyebaran virus Covid-19 secara masif.

“Yang kita khawatirkan mobilitas warga Kudus ini, apakah kita bisa mengkondisikan nantinya. Apa bisa kita mengkondisikan dengan baik,” ungkapnya.

Sedangkan akses menuju titik Menara Kudus banyak sekali. Pintu-pintu, lorong-lorong dikatakan Hartopo banyak sekali. Seandanyai sudah ada penyekatan, tapi masih ada pintu lainnya, Pemkab Kudus kesulitan mengurai kerumunan. Hal itu yang masih dalam kajian Hartopo bersama pihak-pihak terkait.

Baca juga: Tradisi Dandangan Sambut Ramadan Ditiadakan Tahun Ini, Plt Bupati Kudus : ‘Saya Ndak Berani’

“Maka dari itu, kemarin kita putuskan kalau PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Kudus masih level 3 seperti ini, jangan dulu (ada Dandangan),” tegas Hartopo.

Sementara itu, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri atau Inmendagri Nomor 16 tahun 2022 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali yang diteken Mendagri Tito Karnavian pada Senin (14/3/2022), PPKM diperpanjang dari tanggal 15-21 Maret 2021. Di mana Kabupaten Kudus masuk dalam daftar PPKM level 2, bersama dengan Kabupaten Rembang, Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara, Jepara, Grobogan, Brebes, dan Blora yang berada di Jawa Tengah.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER