31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaUMKMPria Renta di...

Pria Renta di Kudus Ubah Limbah Palet Jadi Truk Mainan Keren dan Kokoh

BETANEWS.ID, KUDUS – Tangan pria renta terlihat memilih kayu limbah palet di ruangan dapur rumahnya. Setelah memilih beberapa batang, kayu palet itu pun dirangkainya. Kemudian dipasangi ban. Sedangkan di bagian lain terlihat puluhan truk mainan yang sudah jadi tertata rapi di sebuah rak. Pria tersebut yakni Tardi (74) perajin truk mainan.

Sejak tahun 2016 Tardi mulai menekuni jadi perajin truk mainan. Truk mainan hasil karyanya itu dibuatnya dari kayu limbah, di antaranya limbah kayu palet dan triplek bekas. Meski terbuat dari limbah, ia menjamin truk mainan hasil karyanya itu dijamin lebih bagus, kuat dan awet.

Truk mainan buatan Mbah Tardi yang siap untuk dijual. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Usaha Ayamnya Gulung Tikar, Mbah Tardi Nafkahi Keluarga dengan Bikin Truk Mainan

- Ads Banner -

“Truk mainan ini saya bikin dari limbah palet dan triplek bekas. Tapi jangan salah ya. Truk mainan ku ini kokoh dan kuat. Sehingga lebih awet. Bahkan pernah dinaiki dua orang anak itu kuat,” ujar Tardi kepada Betanews.id, Jumat (7/1/2022).

Tardi mengungkapkan, truk mainannya itu bukanlah truk oleng. Truk oleng jalannya bisa olang-oleng, sedangkan truk mainan yang dibuatnya jalannya stabil. Menurutnya, truk oleng itu cepat rusak, sedangkan truk mainan bikinannya lebih kuat dan awet.

“Gardan truk mainan ini saya kasih besi as @6 full, sehingga lebih kuat. Meski terbuat dari limbah tapi truk mainan ini kualitasnya bagus. Dibanding truk oleng, truk mainan saya dijamin lebih awet,” bebernya.

Dia mengatakan, sama dengan truk oleng, truk mainan hasil karyanya juga ada lampu yang bisa kerlap-kerlip. Sedangkan untuk ukuran, truk mainan itu lebih besar dan panjang.

“Ukuran truk mainan ini ukurannya, lebar 20 sentimeter, panjang 64 sentimeter dan tinggi 25 sentimeter,” rincinya.

Dia mengatakan, tak menghitung secara pasti limbah satu palet bisa jadi berapa truk mainan. Sebab pembuatannya secara serempak dan limbah palet hanya digunakan bagian rangkanya saja. Sedangkan untuk kepala truk dan baknya dilapisi dengan triplek.

“Saya tidak menghitung pasti kebutuhan palet. Setiap masih ada palet ya saya memproduksi. Kalau habis ya, beli lagi palet bekas, atau malah berhenti produksi,” ungkapnya.

Baca juga : Produknya Sempat Ditolak Sana-Sini, Kini Truk Oleng Buatan Jumadi Banjir Pesanan

Dia menuturkan, truk mainan yang dibikinnya itu biasanya dijual saat ada acara Dandangan Kudus dan Kupatan di Kabupaten Rembang. Bisa dibilang lakunya itu musiman. Setiap tahun setidaknya ia bisa menjual sekitar 160 unit truk mainan tersebut.

“Saya sudah ada pelanggan bakul yang mengambil truk mainan produksi saya ini. 160 itu yang 80 unit untuk dijual di Dandangan Kudus dan separuhnya lagi untuk Kupatan Rembang. Untuk harga antara Rp 120 ribu sampai Rp 130 ribu per unit,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler