31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaUMKMMbah Tardi Berharap...

Mbah Tardi Berharap Tahun Ini Tradisi Dandangan Digelar, Agar Truk Mainan Buatannya Laku

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan truk mainan yang sudah jadi tampak tertata rapi di rak kayu. Agar tak terkena debu, truk mainan yang sudah dicat tersebut, ditutupi dengan lembaran plastik. Di sampingnya, terlihat seorang pria renta berambut putih mulai menyiapkan peralatan untuk memproduksi truk mainan. Pria tersebut yakni Tardi (74) perajin truk mainan yang berharap tahun ini di Kudus diselenggarakan Dandangan.

Sembari beraktivitas, pria yang tercatat sebagai warga RT 4 RW 3, Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu mengatakan, truk mainan yang dibikinnya itu lakunya memang saat ada acara keramaian. Di antaranya Dandangan di Kudus dan Kupatan di Kabupaten Rembang.

Puluhan truk mainan buatan Mbah Tardi. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : Pria Renta di Kudus Ubah Limbah Palet Jadi Truk Mainan Keren dan Kokoh

- Ads Banner -

“Oleh sebab itu, saya sangat berharap di tahun ini dua acara tersebut diselenggarakan, agar truk mainan yang saya bikin dan saya stok ini ada kepastian laku,” ujar Tardi kepada Betanews.id, Jumat (7/1/2022).

Tardi menuturkan, sudah dua tahun acara Dandangan dan Kupatan ditiadakan akibat Covid-19. Hal itu, mengakibatkan para bakul langganannya tidak jadi mengambil truk mainan Tardi untuk dijual di acara tersebut.

“Untungnya saat itu setok truk mainanku dibeli tetangga sekitar sampai habis. Sehingga saya tak jadi merugi,” bebernya.

Tiga bulan jelang Dandangan Tardi mulai memproduksi lagi truk mainan. Meski belum ada kepastian soal Dandangan, tapi saat ini sudah ada sekitar 70 unit truk mainan yang sudah jadi. Ia pun berharap agar acara keramaian boleh diselenggarakan.

“Sudah ada stok sekitar 70 unit truk mainan. Saya juga tetap terus produksi, biasanya stok saya itu sekitar 160 unit. 80 unit dibeli bakul untuk dijual di Dandangan dan separuhnya dijual di Kupatan Rembang,” ungkapnya.

Baca juga : Usaha Ayamnya Gulung Tikar, Mbah Tardi Nafkahi Keluarga dengan Bikin Truk Mainan

Sedangkan untuk harga, terang Tardi, truk mainan berukuran 20X64 sentimeter itu dibanderol antara Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu per unit, tergantung modelnya.

“Biasanya dengan jumlah stok tersebut, setiap ada Dandangan dan Kupatan Rembang pasti habis. Semoga saja tahun ini, Dandangan dan Kupatan Rembang diselenggarakan. Namun jika tidak, saya tidak tahu, truk mainan saya ini ada yang beli atau tidak,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler