31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaBisnisKerennya Kerajinan Ukir...

Kerennya Kerajinan Ukir Kayu Buatan Disabilitas Kudus yang Sudah Kirim Hingga Batam

BETANEWS.ID, KUDUS – Ukiran kayu bergambar Presiden Soekarno itu hampir jadi saat Betanews.id mendatangi rumah Sulikin (24) di Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Dengan duduk bersila, ia terlihat menggoreskan kuas pernis sebagai proses akhir. Di dekatnya, berbagai ukiran kayu tampak tertata rapi. Ada patung, ukiran berbentuk pigura, dan lain sebagainya.

Di bagian tengah rumahnya itulah, Sulikin, penyandang disabilitas mengerjakan semua pesanan ukiran.  Sulikin sudah mengalami kelumpuhan sejak kecil yang mengharuskannya menggunakan alat bantu jalan, seperti kursi roda

Sulikin sedang membuat kerajinan ukir kayu di rumahnya. Foto: Kartika Wulandari.

“Sakitnya sudah sejak kecil, karena sakit tulang rapuh, kalau saya lihat di foto usia 3 tahun belum apa-apa. Tapi jatuh patah-jatuh patah akhirnya jadi seperti ini. Awalnya panas terus seperti ini,” terangnya, Kamis (13/01/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Nyaris Bangkrut, Usaha Disabilitas Kudus Ini Selamat Berkat Tas Gunung dan Tas Pancing

Sulikin mengaku, ia mulai mengembangkan usaha ukirannya ini, sudah tiga tahun yang lalu. Namun, untuk kerajinan ukiran wajah baru ia pelajari sekitar satu bulan ini.

“Dari kecil suka corat-coret di buku itu akhirnya mencoba media kayu. Awalnya untuk kesibukan saja, karena banyak limbah kayu jati, dengan belajar secara otodidak. Akhirnya saya coba membuat kerajinan asbak, dan sekarang baru mempelajari kerajinan ukiran wajah juga,” ucapnya.

Kerajinan kayu yang dibuat Sulikin pun cukup bervariasi, mulai dari asbak, patung pewayangan, hingga ukiran wajah Soekarno dan wajah Sunan Kalijaga. 

Kemudian untuk waktu pengerjaan, lanjut Sulikin, bisa memakan waktu 1 sampai 4 hari, tergantung besar kecil dan tingkat kerumitan kerajinan yang dibuat.

“Prosesnya tergantung apa yang dibuat, kalau kerajinan ukiran wajah bisa 3 hari. Karena pertama harus membuat sketsa wajah kemudian baru di ukir. Dan kalau patung bisa 4 hari atau lebih, karena tegantung ukuran patungnya, tidak bisa di pastikan,” jelasnya.

Baca juga: Keren! Produk-Produk Kreasi Difabel Semarang Tembus Pasar Luar Negeri

Lalu untuk harga satu kerajinan milik Sulikin pun bervariasi, mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

“Harganya tergantung dengan apa yang dipesan. Sejauh ini penjualan paling ramai di sekitar Kudus, tetapi sudah pernah mengirim ke Batam juga,” ucapnya.

Ia pun berharap, pemerintah setempat bisa mendukung usahanya dengan adanya bantuan alat untuk mempermudah Sulikin berkarya.

“Harapannya ada dukungan dari pemerintah setempat, kalau sekarang kan saya hanya menggunakan cara manual, alatnya masih sederhana. Kalau punya mesin lebih cepat pembuatannya seperti mesin pemotong penghalus bisa mempermudah saya dalam bekerja,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler