31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaBisnisKeren! Produk-Produk Kreasi...

Keren! Produk-Produk Kreasi Difabel Semarang Tembus Pasar Luar Negeri

BETANEWS.ID, SEMARANG – Anna Oktavia (51) terlihat berjibaku dengan bahan-bahan kerajinan di toko RD Shop miliknya. Kerajinan yang ia buat itu, nantinya akan dijajarkan dengan pernak-pernik lain yang terpajang di rak di dekatnya. Jik adilihat, rak itu berisi batik, tas, boneka, masker, telur asin hingga sabun.

Pernak-pernik itu seperti diurutkan berdasarkan jenis barang agar pengunjung atau pembeli yang datang tak bingung. Sementera di bagian lain bangunan juga terlihat aneka makanan ringan yang juga diperjual belikan.

Yang paling menarik adalah, di tempat tersebut juga disediakan tote bag hasil daur ulang kertas dan plastik untuk membawa barang yang dibeli oleh pelanggan.

- Ads Banner -

Baca juga: Syuaib, Sosok Difabel Asal Kudus yang Andal Servis dan Rakit Laptop Bekas

Anna, sapaan akrabnya menjelaskan, usaha kerajinan ini ia geluti bersama dengan 20 warga berkebutuhan khusus di Semarang. Bahkan, jualan kerajinan itulah yang membuat mereka bisa bertahan selama masa pandemi Covid-19.

“Jadi kita walaupun di masa pandemi berusaha bagaimana agar perekonomian teman-teman juga tercukupi,” paparnya, Jumat (22/10/2021).

Dia menceritakan, semua produk yang ada di Instagram RD Shop dan yang terpajang di ruang depan merupakan produk buatan warga berkebutuhan khusus. Selain memasarkan produk melalui online, Anna dan teman-temannya juga rutin mengikuti pameran di beberapa tempat, salah satunya di kafe hingga kecamatan.

“Cukup banyak yang membeli melalui online,” jelas wanita yang menderita cerebral palsy sejak umur dua tahun itu.

Baca juga: Kisah Inspiratif Difabel Rintis Bisnis Gamis yang Kini Pembelinya dari Seluruh Indonesia

Dari usahanya itu, pemesan produk tersebut sudah sampai luar negeri. Dia menyebut beberapa produk yang paling laris adalah dompet, tas, dan akar wangi yang dibentuk Warak Endok.

“Bahkan Warak Endok buatan RD Shop juga dijadikan Souvenir di kamar VIP di sebuah hotel,” imbuhnya.

Menurutnya, semua anggota RD Shop mempunyai tugas dan keahlian yang berbeda-beda. Meski masih kecil, dia berharap bisnis tersebut bisa lebih luas agar teman-teman berkebutuhan khusus yang lain juga bisa bergabung.

Alhamdulillah sampai  saat ini testimoninya bagus-bagus. Telur  asin kita juga sudah sampai Jakarta yang memesan,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler