31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Gibran Ungguli Taj Yasin dan Hendi di Survei Pilgub Jateng, Rudy: ‘Siap Dukung’

BETANEWS.ID, SOLO – Gibran Rakabuming Raka menempati urutan pertama dalam survei Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah yang diselenggarakan Charta Politika Indonesia. Dalam survei periode 28 September hingga 3 Oktober 2021 tersebut, Gibran meraup suara 34,8 persen.

Gibran unggul sangat jauh dari peringkat dua yang ditempati Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dengan 9,3 persen dan di posisi tiga yaitu Hendrar Prihardi dengan 6.9 persen.

Selain ketiga tokoh tersebut, pada survei itu juga masuk nama Achmad Husein, FX Hadi Rudyatmo, Bambang Wuryanto, Yoyok Riyo Sudibyo, Sunarna, dan Condro Kirono.

-Advertisement-

Ketika ditanya perihal survei tersebut, FX Hadi Rudyatmo mengaku siap mendukung jika ketua umum PDIP merekomendasikan Gibran maju sebagai calon saat Pilgub Jateng mendatang.

Baca juga: Kembali Diisukan Maju di Pilgub DKI Jakarta, Gibran : ‘Saya di Solo Aja’

“Survei ini salah satu bahan untuk pertimbangan, indikator untuk Jateng 1 ya lebih menguntungkan untuk kita kalau memang Mas Gibran di urutan nomor satu. Sehingga layaklah nanti kalau maju menjadi Calon Gubernur Jateng,” kata FX Rudy ketika ditemui di kantor sementara DPC PDI P Pucangsawit, Minggu (9/01/2022).

Menurut Rudy, meskipun baru menjabat 1 periode sebagai Wali Kota Solo, Gibran mempunyai hak melekat yang diatur di Undang-undang. Ia mengatakan, pihaknya akan mendukung jika memang Gibran mau mencalonkan menjadi Jateng 1.

“Rekomendasi tetap dari ketum Megawati dan sebagai kader partai hukumnya wajib untuk melaksanakan dan memenangkan,” kata dia.

Lebih lanjut, Rudy juga menyampaikan untuk tidak mengesampingkan pertimbangan-pertimbangan dari DPP PDI Perjuangan. Menurutnya, sah-sah saja hukumnya jika  ada masukan dari DPP.

“Namun yang namanya warga negara Indonesia yang punya hak untuk dipilih dan memilih dan hak untuk dicalonkan dan mencalonkan, menurut saya tidak ada persoalan di PDI Perjuangan. Apalagi kalau memang masyarakat menghendaki, yang harus dilakukan oleh PDI Perjuangan adalah rekomendasi turun,” ujarnya.

Baca juga: Diejek Kaesang Gajinya Sedikit, Gibran: ‘Aku Gak Golek Duit, Penting Rakyate Sehat, Iso Sekolah’

Ditanya kemungkinan memperoleh tambahan suara untuk koalisi pada Pilkada Jateng nanti, Rudy mengatakan terbuka berbagai kemungkinan. Menurutnya, PDI Perjuangan sanggup untuk berangkat sendiri.

“PDI Perjuangan ini berangkat sendiri bisa, karena sudah sesuai dengan perolehan suara. Kalau misal ada koalisi partai lain ya lebih baik. Tentunya tidak mungkin berangkat sendiri to, wakilnya bisa jadi dari satu partai yang sama bisa dari partai lain,” ucapnya.

Menurur Rudy, pemimpin milenial mempunyai kemampuan lebih seperti lebih produktif, lebih kreatif dan mempunyai inisiatif untuk memajukan Jawa Tengah. Ia juga menyebut selama setahun kepemimpinan Gibran di Solo sudah terlihat beberapa hal yang menonjol.

“Yang paling menonjol tentu penanganan Covid, vaksin, ini program berkelanjutan. Tidak selesai dalam waktu tertentu. Kegiatan-kegiatan lain yang non-fisik juga ada, fisik juga sudah terlihat. Nanti akan lebih terlihat di penganggaran tahun ini,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER