31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaSejarahBalok Kayu Diduga...

Balok Kayu Diduga Peninggalan Zaman Belanda Ditemukan di Sungai Mberok Semarang

BETANEWS.ID, SEMARANG – Balok kayu yang membentang di Sungai Mberok, Kota Lama Semarang ditemukan. Balok kayu tersebut diduga peninggalan zaman Belanda ketika sungai tersebut masih dijadikan jalur transportasi.

Temuan balok kayu di Sungai Mberok Kota Lama Semarang itu disampaikan oleh salah seorang pegiat sejarah di Kota Semarang, Tjahjono Rahardjo di akun Facebooknya, Sabtu 27 November 2021.

Dalam postingan temuan balok di Sungai Mberok Kota Lama Semarang itu, Tjahjono memberi judul “Kota Lama Masih Menyimpan Misteri”.

- Ads Banner -

Baca juga : Talang Londo, Saluran Irigasi di Semarang yang Berusia Ratusan Tahun Ini Masih Berfungsi Apik

Saat ditemui di lokasi, Tjahjono menyebut, tau keberadaan kayu itu setelah diberitahu rekannya sesama pegiat sejarah di Kota Semarang.

“Seminggu yang lalu, saya diberi tahu rekan saya,” jelasnya, Kamis (2/12/2021).

Dia menjelaskan, ketika sungai tersebut dibersihkan petugas kebersihan menemukan balok-balok kayu dan juga beberapa patok yang tertutup lumpur Sungai Mberok.

“Kalau tak segera diurus, kemungkinan akan rusak ini,” katanya.

Saat pertama melihat balok kayu tersebut, dia belum bisa menduga asal muasal balok kayu dan patok tersebut. Namun dia hanya berpikir jika temuan tersebut harus segera diteliti.

“Ukuran baliknya juga cukup besar,” ucapnya.

Saat di lokasi, dia juga membaca rute kereta api yang ada di Kota Lama. Namun menurutnya, tak mungkin jika balok tersebut digunakan untuk pondasi rel kereta api menyeberangi sungai.

“Ini kan memanjang ya, sepertinya tidak kalau untuk itu,” ucapnya.

Selain itu, juga ada reruntuhan seperti pondasi di sebelah kayu tersebut. Reruntuhan tersebut di dalamnya terdapat baru bata dengan ukuran yang cukup besar seperti batu bata zaman Belanda.

“Kalau batu bata sekarang kan kecil-kecil, itu besar sekali,” ucapnya.

Yang pasti, lanjutnya, Sungai Mberok juga pernah digunakan sebagai jalur transportasi. Dulunya, banyak perahu yang melalui jalur Sungai Mberok ketika pergi ke suatu tempat.

Baca juga : Menengok Rumah Mantan Orang Terkaya se-Asia Tenggara di Semarang yang Kini Tak Terawat

“Dulu kalau ada upacara warga Cina juga menggunakan perahu melalui jalur ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, pernah ditemukan balok kayu di bawah Jalan Kepodang dan lapisan batu bata kuno di bawah aspal Jalan Gelatik. Namun, temuan di Jalan Kepodang sudah lenyap, sedangkan temuan Jalan Gelatik rusak terkena proyek baru.

“Harapan saya temuan balok kayu di Kali Semarang tidak mengalami nasib seperti temuan-temuan sebelumnya,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler