31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaKUDUSRahtawu Bersiap Jadi...

Rahtawu Bersiap Jadi Desa Wisata, Masterplan Difokuskan di 10 Titik

BETANEWS.ID, KUDUS – Kabupaten Kudus memiliki keindahan potensi alam yang sangat mengagumkan, tak heran berbagai wilayah di kabupaten Kudus berlomba-lomba berbenah diri menyulap potensi alam yang dimiliki sebagai salah satu destinasi wisata serta ikon baru Kabupaten Kudus. Salah satunya Desa Rahtawu dengan keindahan alamnya.

Hal tersebut disampaikan Pemdes Rahtawu yang diperkuat dengan pernyataan Camat Gebog Bambang Gunadi ketika beraudiensi dengan Bupati Kudus Hartopo di Peringgitan Pendapa Kudus, Rabu (3/11/2021).

Desa Rahtawu bersiap untuk menjadi Desa Wisata. Foto: Dok.Betanews.id

Baca juga : Wisata Kali Pethuk Rahtawu jadi Destinasi Favorit untuk Cari Spot Foto Instagramable

- Ads Banner -

“Memang benar, saat ini Pemdes Rahtawu tengah mempersiapkan masterplan untuk mengubah wajah Desa Rahtawu menjadi desa wisata,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan dan arahan dari Pemkab Kudus melalui Bupati Kudus.

“Geliat memajukan potensi wisata menjadi Desa Wisata menjadi uneg-uneg warga. Maka dari itu, kami meminta dukungan dari Pemkab Kudus. Kendala yang kami hadapi adalah dari segi infrastruktur, meliputi jalan, lampu penerangan, serta trotoar dan drainase sebagai sarana penunjangnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Rahtawu Didik Ariyadi menambahkan, potensi alam Desa Rahtawu sangat luar biasa. Hal tersebut membuat pihaknya berinisiatif untuk menjadikan desa tersebut sebagai Desa Wisata.

“Dengan potensi yang telah ada, kami ingin menjadikan desa kami sebagai tujuan wisata alam yang nantinya dapat menjadi ikon baru Kabupaten Kudus, sehingga dapat meningkatkan PADes kami,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan, bahwa terdapat sepuluh titik destinasi wisata yang akan masuk skala prioritas pengembangan potensi wisata.

“Saat ini kami tengah mempersiapkan masterplan atau perencanaan yang kami pusatkan pada sepuluh titik destinasi wisata di Rahtawu. Maka dari itu, kami meminta dukungan Pemkab Kudus untuk menunjang sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Seperti, pelebaran jalan sebagai akses, penambahan fasilitas lampu penerangan dan infrastruktur lainya,” jelas Kades Rahtawu.

Menanggapi hal itu, Bupati Kudus Hartopo mengatakan, akan mendukung penuh terealisasinya Desa Rahtawu menjadi destinasi wisata alam yang diharapkan menjadi ikon Kabupaten Kudus.

“Pemkab tidak berkeberatan memberikan dukungan bantuan tersebut, asalkan sesuai aturan yang ada dan telah sesuai perencanaan (masterplan) yang telah direcanakan secara matang,” ucap Hartopo.

Bupati juga mengetahui kondisi Desa Rahtawu sebagai tujuan wisata masyarakat, baik luar maupun dalam daerah. Oleh karena itu, pihaknya bepesan, agar Pemdes Rahtawu dapat memaksimalkan potensi yang ada.

“Di sana sangat bagus, Rahtawu pengunjungnya luar biasa. Saya sangat apresiasi atas wacana tersebut. Saya bangga kalau di sana menjadi destinasi wisata, sehingga menjadikan ikon baru Kudus. Di sana ada alam yang sangat indah sekali,” ungkapnya.

Baca juga : Segarnya Berendam di Jernihnya Air Terjun Kali Banteng Rahtawu

Namun, Hartopo mengimbau, kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap asri.

“Namun saya ingatkan untuk selalu memperhatikan lingkungan. Jaga alamnya supaya tidak menjadikan bencana alam ketika berniat menjadikan sebuah destinasi wisata. Oleh karena itu, perlunya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk sadar dan tanggap bencana. Mari saling bergotong royong menjaga dan menjadikan alam Rahtawu menjadi alam yang bersahabat dengan cara menjaga keasrian lingkungan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler