31 C
Kudus
Sabtu, April 20, 2024

Laskar Lereng Muria Bakal Hijaukan Desa Soco

BETANEWS.ID, KUDUS – Penghijauan di wilayah Lereng Muria dan Patiayam terus digalakkan. Kali ini, Laskar Lereng Muria yang akan menanam kurang lebih 3 ribuan pohon di Desa Soco, Kecamatan Dawe.

Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi langkah Laskar Lereng Muria yang ikut menghijaukan lereng Muria. Hal tersebut, disampaikan saat audiensi di Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (4/11/2021).

Baca juga : Hutannya Banyak yang Gundul, Hartopo Gencarkan Tanam Pohon di Bendungan Logung

Hartopo meminta Laskar Lereng Muria fokus pada perawatan setelah menanam pohon. Seperti halnya pecinta lingkungan yang ulet merawat pohon yang ditanam. Berbagai pohon yang bermanfaat untuk menyerap air dan mencegah longsor tersebut harus terus dipantau pertumbuhannya. Pasalnya, selama ini pohon-pohon buah yang telah ditanam umurnya tak sampai sebulan. Kebanyakan pohon tersebut dicabuti oleh masyarakat sekitar yang biasa bertani di sana.

“Mohon Laskar Lereng Muria ini terus memantau pohon-pohon yang ditanam. Pengalaman yang sudah-sudah, pohon buah yang ditanam di sana umurnya tak sampai sebulan, karena bibitnya dicabut. Ya layaknya pecinta lingkungan yang dengan ulet memperhatikan bibit sampai tumbuh,” pesannya.

Hartopo meminta Laskar Lereng Muria menyosialisasikan penanaman pohon kepada masyarakat sekitar. Dengan begitu, masyarakat lebih paham dan ikut merawat pohon-pohon yang ditanam. Pihaknya pun meminta Laskar Lereng Muria memberikan sosialisasi untuk menjaga lereng Muria tetap hijau agar terhindar dari tanah longsor dan banjir.

“Kalau bisa sosialisasikan dulu ke masyarakat terkait rencana penanaman pohon. Biar masyarakat juga paham dan harapannya tidak mencabuti pohon,” ucapnya.

Baca juga : Cegah Erosi, PMPH Tanam Seratusan Pohon di Wilayah Kritis Gunung Muria

Sementara itu, Ketua Laskar Lereng Muria Agus Riawan menyampaikan, penanaman pohon akan dilaksanakan pada 25 November 2021 di Desa Soco. Pihaknya juga berencana akan membagikan bibit pohon kepada masyarakat. Sesuai dengan tujuan kegiatan, yakni menjaga lereng Muria hijau dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga akan membagikan bibit pohon kepada masyarakat. Kami memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER