31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Sempat Ditolak Anggota DPRD, APBD Perubahan 2021 Kudus Resmi Disahkan

BETANEWS.ID, KUDUS – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2021 Kabupaten Kudus resmi disahkan. Pengesahan itu ditandatangi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus Masan dan Bupati Kudus HM Hartopo dengan disaksikan para anggota dewan dan OPD secara langsung maupun zoom meeting.

Walau sempat tersendat, Hartopo merasa lega akhirnya APBD Perubahan disahkan, Meski sebelumnya ada beberapa anggota dewan yang sempat mengutarakan penolakannya.

“Ini artinya teman-teman dewan ikut berpikir bahwa ini adalah aspirasi masyarakat. Bukan kepentingan sendiri, kelompok, atau golongan. Bagaimana kita mengutamakan kepentingan masyarakat,” kata Hartopo selepas mengikuti sidang paripurna di gedung DPRD Kudus kemarin, Selasa (19/10/2021) sore.

Baca juga: Anggota DPRD Kudus Persoalkan Bantuan Ternak yang Disebut Tidak Merata

Untuk selanjutnya, APBD Perubahan ini akan segera dikonsultasikan ke provinsi untuk mendapatkan revisi. Pihaknya menargetkan awal November 2021 semua program bisa berjalan.

“Kalau mulai 1 November kan kami punya waktu sekitar dua bulan untuk mengerjakan program, cukup lah kami rasa,” ungkapnya.

Dalam APBD Perubahan yang sudah disahkan itu, Hartopo memastikan bahwa program prioritas dilanjutkan. Itu seperti BLT buruh rokok, tunjangan guru swasta, tunjangan modin, hingga beberapa pengerjaan infrastruktur kecil lainnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kudus Masan menjelaskan laporan komisi-komisi terhadap Ranperda tentang perubahan APBD bahwa struktur APBD Perubahan 2021 untuk pendapatannya sebesar Rp 1,99 triliun. Sedangkan untuk belanja daerah sebesar Rp 2,27 triliun.

Baca juga: Pembahasan APBD Perubahan Molor, Dewan : ‘Kasihan Tenaga Kerja Kontrak’

“Itu terjadi defisit sebesar Rp 281,99 miliar yang nanti akan ditutup dari pembiayaan netto sebesar Rp 281,99 miliar,” terangnya.

Di sisi lain, dalam penandatanganan APBD P tersebut, tiga wakil ketua DPRD Kudus tidak hadir secara langsung. Mereka mengikuti sidang paripurna melalui zoom meeting. Membuat pengesahan APBD Perubahan kurang tanda tangan tiga orang tersebut.

“Nanti penandatanganannya bisa dikirim ke mereka langsung,” tutup Masan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER