31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

PTUN Semarang Tolak Gugatan, Warga Wadas Ajukan Kasasi

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang menolak gugatan yang diajukan warga Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, terkait pembangunan Bendungan Bener, Senin (30/8/2021). Atas putusan itu, Kuasa hukum warga Wadas, Julian Duwi Prasetia akan mengajukan kasasi dengan harapan mendapatkan putusan seadil-adilnya.

“Putusan majelis hakim mengabaikan keterangan penting para ahli,” jelasnya, Kamis (2/9/2021).

Bahkan, lanjutnya, putusan majelis hakim juga mengabaikan surat rekomendasi dari Komnas Perempuan. Untuk itu, dia menilai jika apa yang telah diputuskan oleh majelis hakim tak mendasar.

“Selain  tak mendasar, putusannya juga jauh dari prosedur hukum,” ujarnya.

Baca juga: Puluhan Warga Wadas Kawal Persidangan Gugatan Bendungan Bener di PTUN Semarang

Menurutnya, ada enam kejanggalan putusan PTUN atas perkara ini. Pertama, majelis hakim tetap mempertimbangkan alasan-alasan pihak Gubernur selaku tergugat meskipun ia tidak mengirimkan jawaban gugatan.

“Kedua, majelis hakim justru mempertimbangkan arah logika tergugat dengan mempersempit persoalan dan tidak melihat aspek-aspek substansi,” katanya.

Ketiga, lanjutnya, majelis hakim menerima kehadiran seorang saksi ahli yang kapasitas dan moralnya dipertanyakan. Saksi ahli yang dimaksud adalah Rektor Undip Yos Johan Utama.

“Keempat, majelis hakim melakukan penolakan alasan penggugat terkait penolakan saksi ahli tergugat,” imbuhnya.

Baca juga: Dukung Gugatan Warga Wadas di PTUN Semarang, Aliansi Mahasiswa Hukum Ajukan Amicus Curiae

Kelima, majelis hakim telah memiliki analisis yuridis tersendiri, bahkan di awal persidangan sebelum pembuktian dari para pihak. Keenam, majelis hakim sudah mengesampingkan Amicus Curiae yang dikirim oleh publik.

“Ada 25 berkas Amicus Curiae dari organisasi, Iembaga, dan individu yang telah dikirimkan kepada majelis pemeriksa perkara,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER