31 C
Kudus
Senin, Oktober 25, 2021
spot_img
BerandaGaya HidupCara Hapus Tato...

Cara Hapus Tato Temuan Santri Ponpes An-Najach Ini Sekali Oles Langsung Hilang

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa pria berpeci tampak telaten menempelkan solatip warna hitam mengikuti bentuk tato di sebuah rumah Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Mereka tampak silih berganti peran melayani puluhan orang yang hari itu memenuhi rumah tersebut. Jika ada yang kebagian menempelkan solatip, ada juga yang bertugas mengoleskan cairan warna hitam ke tato.

Cairan itulah yang dijadikan metode penghapusan tato, hasil penemuan santri Pondok Pesantren An-Najach Tegalrejo, Magelang. Kegiatan yang bisa bayar seikhlasnya itu merupakan hasil kerja sama dengan Komunitas Pecinta Alam Avoka.

Salah seorang warga saat mengikuti kegiatan hapus tato bayar seikhlasnya di Kudus. Foto: Kartika Wulandari.

Perwakilan Ponpes An-Najach, Ahmad Jumanin mengatakan, penghapusan tato ini dilakukan secara manual menggunakan enam obat kimia yang dicampur menjadi satu. Menurutnya, penghapusan tato dengan metode ini bisa menghilangkan tato dalam sekali oles. Setelah itu, pemilik tato tinggal menghilangkan bekasnya seperti menghilangkan bekas luka.

- Ads Banner -

Baca juga: Komunitas Avoka Gelar Kegiatan Hapus Tato Bayar Seikhlasnya

“Untuk pencampuran obatnya, kami juga berkonsultasi dengan pihak dokter. Jadi tidak sembarangan,” tambah Ahmad.

Menurutnya, perbedaan dengan hapus tato menggunakan laser adalah, kalau menggunakan laser cara kerjanya harus bertahap.  Jadi untuk satu bagian tato bisa sampai enam kali, bahkan ada yang sampai 10 kali. Namun, kalau dengan cara pengobatan ini, hanya satu kali proses, tinta bisa terangkat, dan tidak ada pengulangan lagi.

“Cara ini ditemukan awalnya dari santri kita yang mempunyai tato dan ingin meghapusnya. Nah karena berhasil, akhirnya kami mempraktikkannya ke masyarakat untuk membantu,” jelasnya.

Lalu untuk caranya, lanjut Ahmad, pertama kulit di area yang dekat dengan tato diberi solatip hitam terlebih dahulu. Kemudian kulit yang ada tatonya diolesi dengan obat sebanyak tiga kali pengolesan.

Baca juga: Salon Araya Hadirkan Perawatan Tubuh dengan Bahan Organik

“Olesan pertama selama 5 menit, kemudian obat diambil dan diolesi lagi selama 4 menit, dan terakhir diolesi lagi selama 3 menit,” jelasnya panjang.

Kemudian setelah pengolesan 3 kali, maka bagian tubuh yang ditato dibasuh menggunakan air, dan hasilnya akan terlihat setelah satu minggu.

“Setelah dibasuh, nanti setelah satu minggu luka akan mengering, dan tinta akan memudar, kita juga memberikan obat paracetamol dan antibiotik untuk peserta,” tandas AHmad.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,023PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
62,220PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler