31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Dari Tingkatkan Imun Hingga Bikin Rileks, Ini Sederet Manfaat Tisane yang Perlu Dicoba

BETANEWS.ID, KUDUS –  Seorang perempuan terlihat sedang mengeringkan bunga rosella berwarna merah di atas tampah. Setelah semua bunga dikeringkan, ia pun masuk ke rumah dan melanjutkan untuk meracik beberapa resep tisane. Ia adalah Siwi Agustina (33) pemilik Palastra Tea.

Ditemui usai meracik tisane di kediamannya yang berada di Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Siwi bersedia menjelaskan perbedaan antara the dan tisane. Perempuan kelahiran Yogyakarta itu menjelaskan, tisane adalah minuman yang terbuat dari bunga kering yang diseduh. 

bahan bunga kering yang siap diracik menjadi tisane oleh Siwi. Foto: Kartika Wulandari.

“Sebenarnya sesuatu yang diseduh itu disebut teh. Hanya saja, kalau tisane yang diseduh tidak hanya daun teh saja, melainkan juga bunga kering,” ujarnya, Senin (09/8/2021).

-Advertisement-

Baca juga: Ini Segudang Manfaat Teh Tubruk dan Celup Parijoto Alammu

Masih kata Siwi, tidak semua bunga dapat dijadikan bahan dasar tisane. Karena hanya bunga tertentu saja yang memang sudah terkenal memiliki khasiat. Bunga yang dapat digunakan untuk tisane antaranya, bunga rosella, mawar, melati, lavender, safflower, chamomile, dan masih banyak lagi.

Kemudian untuk manfaat dari mengkonsumsi tisane pun sangat beragam untuk kesehatan. Seperti menurunkan berat badan, mengatasi insomnia, membuat tubuh menjadi kebih rileks, meningkatkan imun tubuh, dan tisane ini memiliki antioksidan tinggi.

“Untuk manfaatnya tergantung dengan bunga apa yang kita gunakan,” beber Siwi.

Baca juga: Mengenal Teh Bunga Telang yang Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

Ibu dua anak itu menambahkan, tisane lebih asyik dinikmati karena setiap racikannya memiliki rasa, warna, dan aroma yang berbeda-beda.

“Setiap perpaduan racikan bunga keringnya, membuat warna, rasa, dan aromanya menjadi berbeda-beda, tergantung bunga apa yang dicampur. Jadi lebih unik dan menyenangkan saja,” jelasnya.

Ia juga memberikan tips, jika ingin membuat tisane di rumah, sebaiknya ketika proses pengeringan bunga, harus benar-benar kering dan terkena sinar matahari. Jika tidak, nanti malah menjamur dan tidak dapat dikonsumsi.

Dalam penjualannya, Siwi menyediakan sembilan macam racikan, di antaranya sweet memories, sunset after rain, stay with me, feeling, rossy rose, breathe, time to remember, dan the sea in your eyes. Produknya ini dikemas dalam bentuk tubruk dan kantong dengan harga sama yaitu Rp 18 ribu dan bisa bertahan hingga setahun.

“Setiap racikan yang saya buat, sudah punya manfaat masing-masing, sesuai bunga apa yang digunakan,” tandas Siwi.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER