31 C
Kudus
Minggu, April 28, 2024

Ikan Cupang Avatar Cooper Milik Bebe Diminati Hingga Malaysia

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sebuah ruangan rumah di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak puluhan toples yang tertata rapi di rak besi. Ratusan toples tersebut berisi aneka ikan cupang dengan warna yang eksotis. Tempat tersebut yakni Galeri Cupang Indonesia yang mampu memasarkan ikan cupang hingga Malaysia.

Pemilik Galeri Cupang Indonesia yakni Arnold Mauri (33) sudi berbagi penjelasan tentang usahanya tersebut. Dia mengatakan, menekuni usaha ikan cupang belum lama, belum ada setahun. Bahkan ia bisa dibilang pendatang baru di dunia usaha ikan mungil dengan nama latin Betta tersebut. Meskipun terbilang baru, tapi ia sudah mampu memasarkan ikan cupang hasil budi dayanya hingga Negeri Jiran Malaysia.

Arnold Mauri sedang mengecek ikan cupang yang dibudidayakannya. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Melihat Ikan Cupang Double Tail Multicolor yang Harganya Capai Jutaan Rupiah

“Saya menekuni usaha ikan cupang itu pada pertengahan Bulan Agustus 2020. Pada Bulan April lalu saya sudah mampu menjual ikan cupangku ke Malaysia,” ujar pria yang akrab disapa Bebe kepada Betanews.id, belum lama ini.

Bebe mengungkapkan, ikan cupang yang dikirimnya ke Malaysia ada tujuh ekor. Masing – masing harganya Rp 380 ribu per ekor. Sedangkan jenis ikan cupang yang dikirimnya itu adalah ikan cupang jenis avatar cooper. Dia mengakui, saat ini di Galeri Cupang Indonesia memang didominasi ikan cupang jenis plakat avatar dengan varian cooper.

“Di Galeri Cupang Indonesia ini, memang kebanyakan jenis plakat avatar dengan varian cooper. Di antaranya, koi cooper, avatar gordon, yellow koi cooper, dan lainnya. Ikan cupang jenis itu saat ini paling digemari,” bebernya.

Dia menuturkan, selama ini memasarkan aneka ikan cupangnya melalui media daring. Di antaranya, Instagram, Facebook dan sekarang mulai merambah ke chanel Youtube dengan alamat sama yakni Bebe Betta.

Melalui media tersebut, selain mampu memasarkan ikan cupangnya ke Malaysia, Bebe juga bisa menjual ikan cupangnya itu ke seluruh wilayah Indonesia. Di antaranya, eks Karesidenan Pati, Semarang, Bandung, Bogor, Jakarta, Banten, beberapa wilayah di Jawa Timur, Bali, Sumatra, Kalimatan, Sulawesi, Papua, NTB serta NTT.

“Ikan cupang plakat avatar varian cooper ini lagi laris dan diminati. Bentuknya yang bagus, badannya ada bintik kayak meteor. Kalau kena lampu bisa ngebias gold. Sehingga sangat indah. Peminatnya selain orang Indonesia juga orang mancanegara,” jelasnya.

Untuk harga, tuturnya, ikan cupang varian cooper di Galeri Cupang Indonesia dibanderol bervariasi. Mulai Rp 50 ribu per ekor hingga Rp 3,5 juta sepasang. Tergantung keindahan warna serta bentuk badan dan sirip ikan. Di Galeri Cupang Indonesia juga ada yang harganya Rp 10 ribu per ekor.

-Advertisement-

“Khusus untuk yang harga Rp 10 ribu per ekor ini ikan cupang yang belum mutasi atau setengah jadi. Pembelian juga ada minimalnya, yaitu minimal 100 ekor,” ujar Bebe.

Baca juga : Dikenal Sebagai Pusatnya Ikan Cupang Berkualitas, Cupang Ito Laris Manis di Pasaran

Dia mengungkapkan, di Galeri Cupang Indonesia saat ini ada sekitar 1.500 ekor ikan cupang. Setiap hari ia pun terus melakukan pemijahan ikan cupang dari puluhan indukan. Dalam sebulan, tuturnya ia mampu menjual sekitar 500 ekor ikan cupang dari segala usia.

Dia berharap, usaha ikan cupangnya bisa lebih besar lagi dan mampu merambah pasar lebih luas lagi. Tidak hanya ke Malaysia, dia juga berharap bisa mengirim ikan cupangnya ke Thailand, Vietnam, bahkan Amerika.

“Harapan saya usaha ikan cupang ini mampu berkembang lebih besar. mampu menyediakan ikan cupang yang diminati para pecinta ikan cupang. Serta mampu memperluas pasar di luar negeri,” harap Bebe.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER