31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Tak Ingin Kecolongan, Triyanto Patenkan HKI Sirup Parijoto

BETANEWS.ID, KUDUS – Tanaman parijoto telah ditetapkan sebagai varietas lokal Jepara. Begitu juga dengan batik parijoto milik Kabupaten Sleman, meskipun Parijoto diyakini berasal dari Kudus. Mengingat, sejarah maupun jumlah tanaman yang banyak berada di wilayah Kudus.

Terkait hal itu, Triyanto, Owner Sirup Parijoto Alammu tak ingin kehilangan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas sirup patijotonya. Menurutnya, ada indikasi dari sejumlah produsen sirup parijoto untuk mengajukan HKI. Maka dari itu, ia tidak mau ketinggalan, karena semua sama-sama merasa menjadi orang yang pertama memproduksi.

Triyanto, Owner Sirup Parijoto Alammu

Baca juga : Parijoto jadi Milik Daerah Lain, Hartopo : ‘Saya Kecewa, Dinas Pertanian Lambat’

-Advertisement-

“Sirup ini ada indikasi dipatenkan dari Sleman juga. Dan saya tidak ingin kecolongan. Masak dari Kudus tidak punya apa-apa, padahal buah parijoto identik dengan Sunan Muria,” jelasnya.

Meski dalam satu tahun ia harus membayar untuk HKI, Triyanto tidak keberatan. Karena memiliki HKI bisa melindungi produknya dari para pesaing.

“Setiap tahun saya harus membayar sekitar Rp 800 ribu. Tapi tidak apa-apa, toh ini juga baik untuk usaha saya,” bebernya saat ditemui beberapa hari yang lalu.

Dengan memiliki HKI, seharusnya semua produsen sirup parijoto harus meminta izin kepadanya. Tetapi dia memilih untuk tidak membatasi para produsen yang sudah ada.

“Kalau saya ya santai, yang penting sudah aman. Selama masih berbisnis dengan sehat, saya tidak masalah. Kecuali ada produsen yang nakal dan aneh-aneh baru saya permasalahkan,” tegasnya saat ditemui di tempat produksinya, di Desa Colo, RT 01 RW 01, Kecamatan Dawe, Kudus.

Baca juga : Peraturan PVT Proses Revisi, Parijoto Akan Didaftarkan jadi Milik Provinsi Jateng

Ia melanjutkan, bahwa yang dipatenkan yakni prosesnya, bukan nama sirup parijoto. Hal ini bermanfaat untuk melindungi jika ada orang lain yang mencuri resepnya atau mengolah parijoto dengan cara yang sama.

“Dengan punya paten, jika ada produk lain yang menyamai, saya bisa menuntut. Karena temuan ini sudah mendapatkan perlindungan secara hukum dan legal,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER