31 C
Kudus
Rabu, Mei 19, 2021
Beranda Wisata Hits Banget, Gapura...

Hits Banget, Gapura Ala Jepang di Wisata Mbalong Sangkal Putung Ini Jadi Buruan Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Objek Wisata Mbalong Sangkal Putung yang berada di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus tampak ramai. Beberapa orang terlihat naik bebek air dengan beberapa orang di tepian antre untuk menaikinya.

Di bagian lain, antrean juga terlihat di spot foto gapura seperti yang banyak ditemui di Jepang. Gapura setinggi sekitar enam meter tersebut didominasi warna oranye dan hanya bagian atas bercat hitam. Pada gapura tersebut ada tulisan Mbalong, sebagai tanda nama wisata tersebut.

Beberapa pengunjung menikmati wahana perahu di Wisata Mbalong Sangkal Putung. Foto: Rabu Sipan.

Mereka tampak asyik berfoto di atas jembatan bambu bercat biru yang berada di depan gapura. Ada pula yang bergaya di tengah-tengah gapura, sedangkan temannya membidik dengan kamera dari atas jembatan.

- ads banner

Baca juga: Desa Temulus Kembangkan Wisata Air yang Dilengkapi Spot Foto Menarik

Sedangkan di samping kanan kiri gapura ada ornamen bambu runcing dan taman. Di atas taman yang berada di kedua sisi gapura tersebut di atasnya masing-masing terdapat tulisan Wisata dan Sangkal Putung, yang semua hurufnya berwarna senada dengan gapura.

Ditemui di lokasi, Kepala Desa Kesambi, Mokhamad Masri (49) menuturkan, saat akan membangun sebuah ikon di tempat wisata di desanya, ia bersama warga berdiskusi agar bisa menghadirkan suatu ikon wisata yang baru di Kudus.

“Waktu itu ya diskusinya bersama warga yang sedang mancing dan nganco di sini, kemudian ada yang memberi usulan. Di Kudus ini kan belum ada wisata dengan nuansa Jepang. Bagaimana kalau di wisata Mbalong Sangkal Putung ini di bangun gapura yang ada di Jepang. Kemudian kami setujui,” ujar pria yang biasa disapa Masri kepada Betanews.id, Sabtu (13/3/2021).

Menurutnya, dengan ikon dan sesuatu yang baru, otomatis masyarakat akan penasaran dan serta merta akan datang berkunjung. Kalau banyak pengunjung, mereka akan mencoba di beberapa wahana yang ditawarkan, tentunya mereka juga akan jajan di warung yang disediakan oleh warga.

“Dengan begitu perekonomian warga kami bisa berjalan. Sehingga tujuan kami untuk meningkatkan perekonomian warga bisa tercapai,” ungkap Masri.

Baca juga: Demak Green Garden, Wisata Air Terbesar di Demak yang Punya Banyak Wahana Seru

Di menuturkan, di wisata Mbalong Sangkal Putung disediakan beberapa wahana. Di antaranya, perahu, bebek air dan nantinya ada pemancingan keluarga serta spot-spot foto yang menarik. Pihaknya juga akan menyediakan wisata edukasi menangkap ikan secara tradisional.

“Di sini kan banyak alat untuk nganco, para pengunjung nanti bisa mencoba menangkap ikan dengan alat tersebut, serta alat tradisional lainnya,” bebernya.

Meski banyak wahana air yang ditawarkan, namun Masri menegaskan, Wisata Mbalong Sangkal Putung bukan wisata air, tapi wisata alam. Sebab selain wahana air, di wisata tersebut diklaim menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan latar belakang tiga gunung. Di selatan ada Gunung Kendeng, di sebelah utara ada Gunung Patiayam dan Muria.

“Jadi pengunjung yang datang ke Wisata Mbalong Sangkal Putung itu selain bisa merasakan wahana air yang disediakan, juga bisa menikmati keindahan alamnya,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

29,270FansSuka
14,686PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
39,141PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler