31 C
Kudus
Rabu, April 21, 2021
Beranda KUDUS Desa Temulus Kembangkan...

Desa Temulus Kembangkan Wisata Air yang Dilengkapi Spot Foto Menarik

BETANEWS.ID, KUDUS – Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, sejak Januari 2020 lalu mulai mengembangkan objek wisata dengan menawarkan wisata air dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, yakni mulai sungai hingga rawa-rawa. Setahun berjalan, kini Temulus telah ditetapkan sebagai Rintisan Desa Wisata.

Pengunjung yang datang ke objek wisata ini, bisa merasakan menikmati suasana keindahan alam di pinggiran Sungai Jeratun Seluna dengan menaiki perahu yang telah disediakan pengelola. Wisatawan hanya cukup membayar Rp 5 ribu untuk bisa berkeliling di sungai tersebut sekitar setengah jam.

Wisatawan bisa menaiki perahu untuk menyusuri Sungai Jeratun Seluna. Foto : Nila Rustiyani

Baca juga : Seru-Seruan di Wahana River Tubing Cengkir Manis

Objek wisata air tersebut, juga dilengkapi dengan beragam spot foto yang menarik. Mulai dari replika perahu dengan latar belakang sungai hingga dermaga yang bertemakan cinta.

Kepala Desa Temulus Suharto mengatakan, pengembangan wisata di desanya tersebut, sejauh ini masih menggunakan dana swadaya. Tempat ini, dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Untuk pengembangan wisata ini, sejauh belum menggunakan anggaran dari pemerintah desa, hanya dari swadaya saja. Uang yang sudah masuk dari kunjungan wisatawan, kita gunakan untuk pengembangan wisata,” ujarnya.

Tetapi, katanya, untuk tahun ini pihaknya menganggarkan Rp 100 juta untuk pengembangan wisata air tersebut.

Pihaknya, saat ini katanya juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana untuk mengajukan izin pengelolaan wisata air. Diharapkan dalam waktu dekat sudah ada izinnya.

Ketika sudah mengantongi izin resmi, rencananya akan ada pengembangan mulai dari hutan desa, tempat parkir, akses jalan serta sarana pendukung lainnya dengan menggunakan anggaran dari berbagai sumber.

Baca juga : Meski Belum Dibuka, Wisatawan Mulai Berdatangan Menikmati Keindahan Bukit Sepuser

Menurutnya, sejak mulai beroperasi, respon masyarakat sangat luar biasa. Bahkan di akhir pekan terhitung ada 300 hingga ribuan pengunjung yang memadati wisata tersebut. Namun, karena pandemi, objek wisata tersebut sempat terhenti.

“Kita akan buka kembali nanti setelah pandemi selesai. Kemarin-kemarin kita mau buka, tapi terhalang pandemi, jadi kita lihat nanti, ” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

29,270FansSuka
14,686PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
36,004PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler