31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Wisata Seru-Seruan di Wahana...

Seru-Seruan di Wahana River Tubing Cengkir Manis

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa keluarga tampak sedang menikmati suguhan alam kaki Pegunungan Patiayam. Banyaknya pepohonan yang rimbun dan sungai yang membelah kawasan, sangat cocok untuk melepas penat. Anaka-anak juga terliat riang bermain di wahana flying fox yang ada di sisi lain tempat tersebut.

Di bagian lain tempat tersebut, beberapa pengunjung terlihat sedang menaiki perahu di sebuah sungai masuk kawasan Wisata Cengkir Manis, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupten Kudus. Setelah semuanya naik, perahu itu kemudian berjalan pelan menyusuri sungai yang lebarnya kurang lebih tiga meter itu. Di sisi lain, beberapa pengunjung tampak menaiki kano untuk ikut menyusuri sungai. Aktivitas tersebut merupakan kegiatan River Tubing yang jadi favorit pengunjung di destinasi tersebut.

Salah seorang anak sedang bermain di Wisata Cengkir Manis. Foto: Kartika WUlandari.

Wisata River tubing itu mengambil start dari jembatan pelangi dan akan melewati medan sepanjang 2,3 kilometer. Waktu tempuhnya diperkirakan sekitar satu jam. Berbagai medan yang dilalui itu ada yang ekstrem, setengah ekstrem, dan fun.

Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan mendapat suguhan hijaunya alam di sekitar wisata tersebut. Pemandu yang menjalankan kemudi juga siap menjelaskan berbagai hal yang ada di sepanjang perjalanan.

Baca juga: Terbaru! Wisata River Tubing di Cengkir Manis yang Siap Pacu Adrenalinmu

Sekretaris Pokdarwis Desa Tanjungrejo, Hadi Paryono (64) menyampaikan, alam Desa Tanjungrejo memiliki potensi yang sangat bagus jika dikembangkan menjadi desa wisata. Contohnya seperti Bendungan Logung, Bukit Gua Manganan Landak, lalu Sendang Sani, wisata religi masyarakat Dukuh Turus, dan yang terakhir ada Cengkir Manis.

“Tetapi untuk wisata yang sudah terealisasi baruwisata cengkir manis. Yang lain masih dalam proses perencanaan,” jelasnya, Sabtu (26/12/20).

Di wisata yang buka sejak November 2020 lalu itu, lanjuat Hadi, Cengkir manis mempunyai konsep wisata alam yang cocok untuk wisata keluarga dan wisata edukasi untuk anak-anak. Untuk biaya masuk di Cengkir Manis pun cukup terjangkau. Hanya dengan membayar tiket Rp 5 ribu, masyarakat sudah bisa menikmati wisata alam di Cengkir Manis.

Tak hanya harganya yang terjangkau,  Cengkir manis juga mempunyai wahana yang cukup banyak dan menarik. Antaranya ada flying fox dengan tambahan biaya Rp 10 ribu, outbound dewasa lengkap Rp 25 ribu, river tubing Rp 35 ribu, play ground Rp 15 ribu, ATV Rp 20 ribu, kano Rp 10 ribu, dan perahu tempel Rp 5 ribu.

“Selain wahan berbayar, di sini juga menyediakan wahana yang tidak berbayar seperti ayunan dan jungkat-jungkit,” jelasnya.

Baca juga: Kisah Pertapaan Arjuna yang Jadi Asal Usul Air Terjun Lorotan Semar

Selain wahananya yang cukup lengkap, Cengkir Manis juga mempunyai beberapa fasilitas lain yang membuat pengunjung semakin nyaman dalam berwisata. Antaranya ada musala, warung makan di dalam area wisata, delapan kamar mandi yang berada di sudut area wisata, dan tempat parkir yang luas.

“Untuk kedepannya, Cengkir Manis juga akan menambahkan beberapa wahana permainan baru yaitu permainan tradisional. Lalu menurut Hadi, Cengkir Manis juga akan mengubah konsep warung yang ada di dalam kawasan wisata menjadi area food court. Jadi bisa lebih tertata,” tukasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler