31 C
Kudus
Senin, Agustus 2, 2021
spot_img
BerandaWisataKisah Pertapaan Arjuna...

Kisah Pertapaan Arjuna yang Jadi Asal Usul Air Terjun Lorotan Semar

BETANEWS.ID, PATI – Gemericik air terdengar jelas saat sampai di sebuah air terjun yang terletak di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Di sana, beberapa wisatawan terlihat berenang di bawah air terjun. Air terjun tersebut bernama Lorotan Semar, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pati yang jadi tempat favorit liburan.

Air terjun Lorotan Semar mempunyai beberapa tingkat, yang paling atas adalah lorotan semar dan yang paling bawah adalah tempat yang digunakan Arjuna untuk bertapa.

Pengunjung sedang menikmati segarnya air di Air Terjun Lorotan Semar. Foto: Nafi’ Maulana.

Penjaga pintu masuk Air Terjun Lorotan Semar Sutini (60) mengatakan, ada satu larangan yaitu tidak boleh mandi atau masuk ke kolam yang paling bawah atau di bekas pertapaan Arjuna. Menurutnya, airnya terlalu dalam sehingga takut akan membahayakan bagi pengunjung.

- Ads Banner -

“Saat Arjuna sedang bertapa di bawah dan ketika itu Mbah Semar menungguinya sambil bermain plosotan (lorotan) di air terjun ini,” katanya kepada Betanews.id, Kamis (17/09/2020).

Baca juga: Menikmati Senja di Pantai Pailus, Pesona Keindahan Pesisir Jepara yang Manjakan Mata

Sutini menambahkan, Dengan harga tiket masuk yang hanya Rp 3.000 per orang serta parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Air Terjun Lorotan Semar.

Berbagai fasilitas penunjang juga sudah disediakan pengelola untuk memberi kenyamanan wisatawan. Di antaranya pendapa sedang yang bisa digunakan untuk pertemuan skala kecil, lalu ada juga gazebo-gazebo kecil untuk istirahat, toilet umum, mushala, penjual makanan, dan lainnya.

“Pengunjung air terjun ini datang dari berbagai daerah. Antara lain Semarang, Purwadadi, Solo, Kudus, Rembang, dan banyak dari daerah lainnya,” ungkap Sutini.

Baca juga: Air Terjun Kedung Gender, ‘Surga’ Tersembunyi di Kudus

Nur (24) salah satu pengunjung yang datang bersama keluarganya mengaku baru pertama kali itu datang ke wisata tersebut. Dia tertarik karena melihat di media sosial tentang viralnya air terjun lorotan semar.

“Disini tempatnya rimbun, enak, nyaman, bisa untuk wisata keluarga dan anak-anak,” ungkap warga Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati itu.

Senada dengan Nur, Anang (30) pengunjung asal Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus juga datang kerana penasaran dengan keindahan Air Terjun Lorotan Semar.

“Tempatnya bagus, tapi karena ini musim kemarau jadi debit air di sini tidak terlalu banyak,” pungkasnya yang datang bersama teman-temannya itu.

Penulis: Abdul Khalim Mahfur, Nafi’ Maulana (Mahasiswa PPL IAIN Salatiga)

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 6 - Demak Tenggelam dan Kembalinya Selat Muria

Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

Tinggalkan Balasan

30,114FansSuka
14,822PengikutMengikuti
4,331PengikutMengikuti
48,437PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler