31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Banjir Berwarna Hitam di Jati Wetan Kudus Disemprot Eco Enzyme

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa orang terlihat sedang mencampurkan air dengan cairan Eco Enzyme. Kemudian, cairan yang sudah tercampur tersebut dimasukkan ke dalam beberapa tangki. Setelah dirasa cukup, kemudian mereka menuju lokasi banjir di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus.

Setelah sampai di lokasi, kemudian mereka sebagian menyemprotkan dan sebagian menuangkan cairan tersebut ke air yang menggenangi pemukiman warga. Kegiatan tersebut dilakukan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus dengan menggandeng komunitas Eco Enzyme.

Cairan Eco Enzyme dituangkan di lokasi banjir di Desa Jati Wetan. Foto: Kartika Wulandari

Baca juga : Korban Banjir di Kudus Krisis Air Bersih, Solihah Andalkan Air Hujan untuk Memasak

Agung Karyanto, Kepala Dinas PKPLH mengatakan, jika kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Dinas PKPLH Kudus bersama komunitas Eco Enzyme Indonesia, BPBD Kudus, Puskesmas Jati, dan Paguyuban Bank Sampah Mutiara Kudus.

Menurutnya, kegiatan penyemprotan dan penyebaran Eco Enzyme tersebut dilakukan di tiga dukuh di Desa Jati Wetan. Yaitu di Dukuh Ngendok, Tanggulangin dan Barisan.

“Kegiatan hari ini ada dua metode, yang pertama dengan cara penyemprotan ke udara sama penyebaran di air,” ungkapnya, Kamis (11/2/2021).

Agung menyebutkan, untuk penyemprotan dan penyebaran Eco Enzyme tersebut menghabiskan hingga 100 liter cairan.

Menurutnya, Eco Enzyme tersebut merupakan cairan yang berasal dari limbah dari buah-buahan dan sayuran yang dicampur dengan cairan gula lalu difermentasi selama tiga bulan.

Baca juga : Ponpes Al Muayyad dan Zahir Mania Salurkan Bantuan ke Korban Banjir di Kudus

“Eco enzyme mempunyai berjuta manfaat, antaranya bisa menjernihkan air, mengurangi rasa gatal di kulit, mengurangi bau air dan masih banyak manfaat lainya. Makanya kami memberikan cairan Eco Enzyme di wilayah Jati Wetan, karena kondisi airnya berwarna hitam,” ungkapnya.

Selain menyemprotkan Eco Enzyme, para relawan yang hadir juga memberikan cairan tersebut kepada beberapa warga, lalu dari pihak PKPLH juga memberikan sumbangan berupa sembako dan air minum.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER