31 C
Kudus
Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Kudus Sidak Sejumlah Pasar...

Sidak Sejumlah Pasar di Kudus, Hartopo: ‘Pembeli yang Tak Pakai Masker Jangan Dilayani’

BETANEWS.ID, KUDUS – Rombongan Plt Bupati Kudus Hartopo bersama dengan Forkopimda tiba di Pasar Bitingan, Senin (18/1/2021) sekitar pukul 09.15 WIB. Memakai baju dinas berwarna cokelat, Hartopo yang diikuti rombongan langsung memasuki pasar yang tampak ramai dengan aktivitas jual beli.

Saat memasuki pasar yang berada di Jalan Mayor Basuno, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, belum terlalu banyak toko yang buka. Hanya ada beberapa yang terlihat sibuk melayani pembeli yang datang. Dengan pengeras suara, Hartopo mengingatkan agar para penjual dan pembeli untuk selalu memakai masker dan jaga jarak. Apabila ditemukan pembeli yang tidak memakai masker, Hartopo mengintruksikan agar para penjual tidak melayani pembeli tersebut.

Plt Bupati Kudus, HM Hartopo saat meninjau prokes di sejumlah pasar di Kudus selama PPKM, Senin (18/1/2021). Foto: Nila Rustiyani.

“Kami ingatkan jangan sampai melepas masker saat berbicara. Pembeli pun harus memakai masker dan saling mengingatkan,” tegas Hartopo.

- Ads Banner -

Baca juga: Pantau PPKM di Empat Perusahaan, Hartopo Sebut Sudah Sesuai Surat Edaran

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Kliwon. Saat memasuki pasar, protokol kesehatan juga diterapkan di sana. Terlihat para pembeli dan penjual banyak yang mematuhi aturan yang berlaku. Bukan hanya masker, di lapak para penjual juga dipasang pembatas dari plastik bening yang memisahkan antara para pedagang pun dengan pembeli. Dengan kedisiplinan yang dilakukan warga ini, Hartopo berharap ini bisa membuat mereka sehat dan tidak terpapar Covid-19.

“Ini juga bisa untuk memberikan sosialisasi masyarakat dan bisa dibuat contoh bagi warga lainnya. Karena keselamatan kita adalah keselamatan keluarga,” imbuhnya.

Selain itu, Hartopo juga memberlakukan pembatasan pengunjung di pasar selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Pasar salah satu rujukan masyarakat dari berbagai kabupaten/kota lain. Oleh karena itu, sementara ini kita membatasi pengunjung dari luar kota, baik penyuplai maupun tengkulak yang ada di pasar. Cukup mereka ngedrop barang di luar nantinya diambil sendiri oleh orang pasar untuk masuk ke dalam,” katanya.

Baca juga: Kudus Terapkan PPKM, Hari Ini Hartopo Pantau Aktivitas di PR Sukun

Selama virus covid-19 merebak di Indonesia, Hartopo tidak memungkiri jika ekonomi masyarakat mengalami penurunan. “Kalau untuk penurunan ekonomi, iya pasti. Karena pada dasarnya orang-orang pada takut berbelanja dan berkegiatan. Jadi pembelian juga menurun,” ungkapnya.

Sidak terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan Hartopo ini, sudah berlangsung sejak minggu kemarin. Mulai dari pabrik rokok Nojorono, Sukun, dan Djarum, hingga perusahaan lain seperti PT Pura.

“Sejauh ini semuanya baik. Pabrik rokok, pasar, pendisiplinan terkait masker juga baik,” tandas Hartopo mengakhiri perbincangan.

Editor: Ahmad Muhlisin

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler