31 C
Kudus
Minggu, November 29, 2020
Beranda Business Viral dan Banyak...

Viral dan Banyak Dicari, Miniatur Truk Oleng Buatan Riman Banjir Orderan

BETANEWS.ID, PATI – Di sebuah rumah yang berada di Dukuh Bergat RT 3 RW 8, Desa Gembong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, terlihat dua orang pria sedang menggergaji kayu. Kayu itu kemudian dibentuk menjadi bak truk ukuran kecil. Setelah bagian-bagian truk itu jadi, salah satu dari mereka kemudian merangkainya menjadi kendaraan barang tersebut. Ia adalah Riman (32), pemilik Art Caroceries Miniature.

Sembari meneruskan perangkaian, Riman bercerita awal mula merintis usaha tersebut enam tahun lalu. Awalnya, ia begitu tertarik dengan dunia miniatur lantaran terinspirasi dari miniatur truk milik tetangganya. Dari situ, ia kemudian belajar membuatnya di sela-sela menekuni usaha cuci motor.

Riman sedang menyelesaikan pembuatan miniatur truk di kediamannya. Foto: Khalim Mahfur.

“Awalnya sih coba-coba bikin, karena dari dulu memang saya suka ngotak-ngatik barang. Itu tak lakukan pas cucian sedang sepi,” ujarnya kepada Betanews.id, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Miniatur Rumah Adat Kudus dari Limbah Mebel Ini Siap Dilepas Rp 20 Juta

Berbeda dengan mainan truk biasanya, Riman membuat miniatur truknya sedetail mungkin. Seperti berbagai tambahan aksesoris seperti lampu, variasi di bagian kabin yang mirip dengan aslinya, hingga variasi truk oleng.

“Variasi terbaru ada yang sempat viral kemarin yaitu truk oleng, jadi truknya bisa digoyangkan baknya dan banyak anak-anak yang kepingin,” ungkapnya.

Riman membuat miniatur truk miliknya dengan bahan dasar kayu mahoni, karena memiliki karakteristik yang kuat dan awet. Selain dari kayu mahoni, ia juga membuat miniatur truk dengan bahan PVC dan juga triplek. Dalam pengerjaan di kediamannya itu, Riman dibantu oleh temannya. Biasanya, dalam dua hari bisa menghasilkan enam truk.

“Pembuatan miniatur truk ini butuh waktu dua hari, mulai dari bikin bak, kabin, proses pendempulan dan pengecatan, sampai finishing,” ujarnya.

Dalam memasarkan miniatur truknya, pada awalnya Riman menitipkan di toko-toko. Hingga sekarang, ia sudah memiliki pelanggan tetap dari Pati, kudus dan yang paling jauh dari Sumatra.

Baca juga: Edy Sulap Limbah Rokok Jadi Boneka Lilit Bernilai Jual Tinggi, Rambah Jepang dan Eropa

“Kalau harga tergantung spek. Yang biasa atau kecil saya jual mulai Rp 140 ribuan sampai yang detail dan spesifikasinya rumit bisa saya jual hingga Rp 3 jutaan,” ujarnya.

Berbeda dengan bisnis pada umumnya, di masa pandemi ini, Riman malah kebanjiran pesanan. Banyak pelanggan yang memesan miniatur truk karena jenuh dengan masa pandemi ini.

“Dulu hanya pas Hari Raya, tapi sekarang semakin ke sini malah ramai pesanan karena banyak yang hanya di rumah. Yang saya kerjakan sekarang ini semuanya pesanan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,307PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...

Milad Muhammadiyah, Hartopo : ‘Teruslah Konsisten Memberi Solusi untuk Negeri’

BETANEWS.ID, KUDUS - Plt Bupati Kudus HM Hartopo menghadiri Resepsi Milad Muhammadiyah ke-108 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Sabtu (21/11/2020). Dalam...

Tolak Gaji Rp 25 Juta Per Bulan di Jepang, Safuan Pilih Rintis Usaha Produksi Pupuk Organik

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa pria tampak sedang sibuk di sebuah pekarangan di Dukuh Bonajar RT 2 RW 6, Desa Puyoh, Kecamatan Dawe,...

Mie Ayam Goreng Buah Naga, Kuliner Enak yang Murah dan Menyehatkan

BETANEWS.ID, KUDUS - Di sebuah kedai yang berada di komplek kuliner JJS depan Universitas Muria Kudus tampak sepasang suami istri sedang sibuk....

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

IAIN Salatiga Ciptakan Aplikasi Belajar Daring yang Diklaim Ungguli Google Clasroom

BETANEWS.ID, SALATIGA – Seorang pria terlihat sedang sibuk mengoperasikan komputer di sebuah ruang Gedung Rektorat IAIN Salatiga, Senin (12/10/2020). Tangannya tampak cekatan...

Angkat Kearifan Lokal Desa Tawangrejo Melalui Ragam Motif Batik Tawung Sari

BETANEWS.ID, PATI - Di sebuah rumah yang berada di Desa Tawangrejo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati terlihat beberapa orang sedang membuat kain batik....