31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Sebelum Kawal Pemungutan Suara, 2.206 Pengawas TPS di Demak Dirapid Test

BETANEWS.ID, DEMAK – Menjelang pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020 yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak menggelar rapid test massal bagi jajaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak pada Sabtu (28/11/2020) di 27 puskesmas yang ada di 14 kecamatan.

Lispiatun, Anggota Bawaslu Demak Divisi SDM dan Organisasi mengungkapkan, hal itu tak lepas dari upaya Bawaslu Demak dalam memastikan seluruh jajarannya tidak ada yang terpapar Covid-19. Sebelumnya, pihak Bawaslu juga sudah melakukan rapid test bagi Sekretariat. Mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, serta jajaran pengawas desa/kelurahan se-Kabupaten Demak.

Petugas Pengawas TPS di Pilkada Demak jalani tes rapid. Foto: Ahmad Rosyidi

Baca juga : 19.854 Petugas Badan Ad Hoc KPU Demak Jalani Rapid Test

-Advertisement-

“Kali ini ada 2.206 PTPS yang menjalani rapid test sebelum mengawal pemungutan suara yang akan digelar 9 Desember 2020 nanti. Sedangkan rapid test untuk jajaran sekretariat sudah kami laksanakan pada awal November lalu,” terangnya.

Menurut Lispiatun, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020 berbeda dengan periode sebelumnya. Karena pada tahun ini digelar dalam kondisi pandemi Covid-19, pihaknya harus bekerja ekstra dalam mengawal proses pesta demokrasi di Demak.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh berharap, bahwa jajaran pengawas dalam kondisi sehat dan terhindar dari Covid-19. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. Jika ada peserta yang hasilnya reaktif, nantinya akan dilakukan tindak lebih lanjut dengan melakukan swab test atau PCR.

Baca juga : KPU Demak Gelar Lomba Mural dengan Hadiah Jutaan Rupiah

“Semoga seluruh jajaran PTPS dalam kondisi sehat serta terhindar dari paparan virus Covid-19 selama bertugas. Dan ingat, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol Covid-19,” tegas pria yang akrab disapa Khoirul itu.

Ia juga menambahkan, jika kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk meyakinkan publik. Bahwa Penyelenggara pilkada dalam keadaan sehat dan terbebas dari Covid-19.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER