31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaDAERAHPemkab Jepara Terjunkan...

Pemkab Jepara Terjunkan 2.739 Pendamping Keluarga Bergerak untuk Cegah Stunting

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara menerjunkan 2.739 Pendamping Keluarga Bergerak ke desa-desa untuk mencegah stunting. Mereka bertugas melakukan sosialisai dan pemutakhiran data sasaran keluarga berisiko masalah kurang gizi kronis itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jepara Inah Nuroniah mengatakan, ada 913 tim pendamping keluarga bergerak di Kabupaten Jepara. Masing-masing tim terdiri dari 3 orang yaitu bidan, kader Keluarga Berencana (KB), dan kader PKK. Sehingga, total ada 2.739 orang pendamping di Jepara.

“Saat ini mereka sudah siap bekerja dan bersemangat turun ke desa mencegah stunting,” kata Inah usai Apel Siaga Nasional secara virtual di Pendopo Sosroningrat Jepara, Kamis (12/5/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Kasus Stunting di Solo Tertinggi Kedua di Jateng

Nantinya, tugas kader di lapangan adalah melakukan verifikasi dan validasi data keluarga berisiko stunting, yaitu dengan mendampingi calon pengantin untuk melakukan pemeriksaan kesehatan 3 bulan pernikahan, serta memastikan calon pengantin sehat lahir dan batin. Selanjutnya pendamping bertugas untuk mendamping semua ibu hamil untuk memastikan mendapat pemeriksaan secara berkala, asupan gizi seimbang, serta bersalin di fasilitas kesehatan. Yang terakhir, mereka akan mendampingi ibu pascapersalinan untuk menggunakan kontrasepsi.

“Mereka akan mendampingi ibu dan bayi untuk mendapatkan pelayanan posyandu dan pengasuhan orangtua guna mendapat pelayanan pendidikan secara holistik dan terintegrasi,” kata dia.

Berdasarkan data Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (PPGBM) secara elektronik, jumlah kasus stunting mencapai 9.258 orang (2019). Kemudian turun menjadi 7.333 orang (2020), dan turun menjadi 7.261 orang (2021).

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler